Tips Sehat Pasien Kencing Manis

Iklan

Tips Sehat Pasien Kencing Manis

Redaksi
Sabtu, Agustus 02, 2014 | 09:54 WIB 0 Views Last Updated 2014-08-07T10:31:55Z
SuaraLampung.Com, Bagi para penderita penyakit kencing manis, puasa merupakan momentum bagi mereka untuk meningkatkan kesadaran serta ketaatan berobat, dengan berpuasa diharapkan adanya perubahan pisikologis yang menciptakan perasaan lebih sehat bagi penyandang penyakit diabetes, dalam kedisiplinan pengaturan makanan.

Namun tidak semua penderita penyakit diabetes (Kencing Manis) dapat dengan aman melakukan ibadah puasa, berpuasa tidak dianjurkan bagi penderita yang tidak terkendali, seperti pasien dengan insulin dosis multipel, pasien diabetes militus tipe 1, serta pasien diabetes dengan komplikasi, seperti pasien dengan gangguan penglihatan, gangguan ginjal dan jantung.

Selama berpuasa diperlukan kewaspadaan tinggi terhadap terjadinya Hipoglikimia pada pasien yang mendapat obat makanan dan insulin, bila terjadi gejala Hipoglikimia maka puasa harus dihentikan, untuk mengantisipasinya dianjurkan.

Bagi para penderita kencing manis untuk mengatur jadual makan sahur pada waktu mendekati imsak, serta kurangi aktifitas disiang hari juga dianjurkan apabila ingin beraktifitas agar dilakukan pada sorehari. (Dr. Rahmadi & Tri W).

Nutrisi bagi penderita kencing manis 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips Sehat Pasien Kencing Manis

Trending Now

Iklan

iklan