Andi Surya Sapa Warga Natar, Sosialiasi Penerapan Dana Desa

Iklan

Andi Surya Sapa Warga Natar, Sosialiasi Penerapan Dana Desa

Redaksi
Rabu, April 29, 2015 | 17:50 WIB 0 Views Last Updated 2015-04-29T10:53:52Z

Suaralampung.com, Silaturahmi anggota Dewan Perewakilan Daerah (DPDRI) daerah pemilihan Lampung, Andi Surya dengan seluruh Kades dan tokoh masyarakat Di Balai Desa Bumi sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan, dalam rangka Reses menyampaikan sosialisasi terkait penggunan alokasi dana Desa dan permasalah yang selalu diterima masyarakat Natar.

Dikatakan oleh Andi Surya bahwa Aalokasi dana Desa. Yang akan dukucurkan pemerintah sebesar Rp 11,7 triliun. Dimana besaran dana tersebut untuk tiap desa berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, letak giografis, kebutuhan masyarakat, serta fariabel lainnya intinya jumlah dana yang di terima setiap desa akan tidak sama.

" Selain itu penggunann dana desa tersebut merupakan mutlak kewenangan kepala desa sesuai yang diatur dalam undang- undang. Serta kepala desa memberikan pertanggungjawaban dana tersebut kepada pemerintah dalam hal ini adalah bupati dan pemerntah desa setahun sekali, dimana dana tersebut diatur akan turun dalam tiga termin tahap pertama 40% selanjutnya kembali 40% dan yang terakhir 20%, kata pemilik perguruan tinggi umitra itu dalam pertemuan tersebut.

Ditambahkan oleh legislator ulung tersebut, bahwa pengunan dana Desa digunakan untuk kepentingan prioritas pembangunan dan pemberdayan masyarakat, boleh melakukan kegiatan bukan prioritas namun seijin dari pemerintah kabupaten, namun semuanya harus mengacu pada rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah desa.

" Untuk aitemnya terutama diperuntukkan bagi kebutuhan dasar, berupa sarana dan prasarana, infras truktur Desa jalan Desa, jalan pertanian, potensi ekonomi Desa, energi mandiri, teknologi tepat guna serta penggunan para legal,"tambahnya.

Selain Kades bertanggung jawab atas penggunann dana Desa tersebut, bila terjadi silva atau sisa dana Desa maka pada tahun selanjutnya Desa tersebut hanya akan menerima sesuai dengan dana yang mampu diserap oleh Desa yang bersangkutan.

Dimana dalam acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh seluruh kepala Desa dan sekertaris Desa sekecamatan Natar beserta Camat Natar Dulkahar AP,Msi. dan Ketua Asosiasi Kepala Desa (Abdesi) Kecamatan Natar Supriyono SE. (Tri)

Keterangan gambar : Silaturahmi anggoto DPDRI Andi Surya
Dengan seluruh kades dan tokoh masyarakat di kecamatan Natar, serta sosialisasi tentang penggunaan dana Desa Didampingi camat Natar Dulkahar Di Balaii Desa Bumisari Kecamatan Natar Lampung Selatan Rabu (29/4).


Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Andi Surya Sapa Warga Natar, Sosialiasi Penerapan Dana Desa

Trending Now

Iklan

iklan