Penilayan Lomba UKS Tingkat Nasional, SDN Bumisari Yakin Raih Prestasi Maksimal

Iklan

Penilayan Lomba UKS Tingkat Nasional, SDN Bumisari Yakin Raih Prestasi Maksimal

Redaksi
Senin, Mei 25, 2015 | 11:04 WIB 0 Views Last Updated 2015-05-25T04:14:48Z

Suaralampung.com. Sekolah Dasar Negri (SDN) Bumisari Natar Kabuparen Lampung Selatan, obtomis akan meraih prestasi maksimal dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Nasional,

Dalam acara penyambutan tim penilai lomba UKS tingkat Nasional, Bupati Lampung Selatan. H. Rycko Menoza, SZP. SE.SH. MBA mengatakan. Bahwa diharapkan tim penilai dapat melihat semuanya dari semangat dan motifasi serta kebersaman dalam kegiatan penilayan lomba UKS, bukan sekedar seremoni tetapi merupakan repersentasi dari keadan yang sebenarnya.

" Kegiatan seremoni ini diharapkan dapat dilihat sebagai repersentasi dari kondisi yang sebenarnya, sebagai bentuk kordinasi serta kerjasama dan dukungan yang baik dari pemerintah kabupaten," ungkapnya Senin (25/5).

Untuk diketahui bahwa SDN Bumisari awalnya adalah hibah dari masyarakat. Bumisari pada tahun1978. Saat ini lokasi SDN Bumisari berjarak sekitar sekitatr 70 Km dari ibukota Kabupatem Kalianda serta hanya 10 Km menuju ibukota Provinsi Lampung kota Bandarlampung.

Ditempat yang sama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dalam sambutannya yang di sampaiakan Julianto kadis pendidikan Provinsi Lampungmenyampaikan. Harapannya agar lomba UKS akan tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kepada pihak sekolah semoga dapat menjadikan ini sebagai momen untuk terus meningkatkan mutu sekolah, serta khususnya kesehatan Sekolah.


Selanjutnya. Hj Ermawati ketua tim penilayan lomba UKS tingkat Nasional dalam sambutannya menjelaskan
Peserta yang ikut dalam lomba ini berjumlah 27 Propinsi. Adapun kreteria penilayan yang utama adalah menilai sejauhmana kinerja dalam upaya meningkatkan kegiatan UKS di sekolah masing masing di tingkat nasional.

"Kinerja adalah faktor yang paling dinilai, dari pengalaman yang ada Di Kabupaten lain adalah lemahnya kordinasi dengan satuan kerja ditingkat kabupaten," ungkapnuya.

Dalam rombongan tim. Penilai Lomba UKS tingkat nasional terdiri dari tim dari tiga kementrian yaitu Surip spd. dari kemendikbud, Amanah Asri dari Kemenkes, serta Hj Ermawati dari kementrian agama sebagai ketua.

Semnatara Dikatakan Kepala sekolah SDN Bumisari Dra Supriyati, MM. Bahwa ada 23 item penilayan wajib yang harus dipenuhi oleh sekolah sebagai standar penilayan lomba UKS tingkat Nasional. Namaun untuk dapat menjadi juara tidak cukup hanya memiliki 23 aitem wajib, tetapi sekolah harus memiliki aitem unggulan sebagai nilai tambah sekaligus pembeda, agar memiliki penilayan yang baik.

" Program unggulan yang tim kami siapkan dalam menyongsong lomba UKS tingkat nasional tersebut adalah program yang dimana sekolah lain tidak memilikinya tetapi Di Sekolah kami ada, seperti Bank sampah, Bimbingan konseling anak serta Sumur bor masyarakat juga Senam UKS," katanya.

Masih kata kepala sekolah Juara lomba UKS tingkat Provinsi Lampung yang memiliki 690 siswa tersebut, bahwa beberapa kreteria aitem penilayan dasar yang harus dipenuhi Sekolah, dari 23 yang utama adalah, Tanaman obat keluarga, Kantin sehat Sekolah, Tugu dan Gedung UKS serta Dokter kecil.

" Untuk itu tim lomba UKS tingkat nasional telah membentuk tim pokja yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan semua item yang akan jadi penilayan, kami hanya tinggal memperbaiki fasilitas yang ada karna kami sudah memilikinya, sekolah sudah memiliki semua, tinggal menambah kapasitas atau memperbaikinya, seperti perbaikan, penambahan toilet dan perluasan kantin,karna setiap aitem yang dinilai memiliki standar" ungkapnya.

Diakuinya bahwa obtimisme untuk memperoleh hasil maksimal dalam lomba UKS tersebut muncul semakin kuat karna besarnya dukungan yang diberikan dari tim Pembina Provinsi Kabupaten dan Kecamatan

" Pembinan sudah rutin dilakukan, secara umum fasilitas yang dimiliki sudah memadai, hanya tinggal melengkapi beberapa yang kurang, penilayan pertama adalah infrastruktur Sekolah, dimana untuk bobot penilayan Sekalah memiliki nilai 60%, serta sisanya adalah penilaan kesiapan ditingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi, sehingga memang ini adalah sebuah kesatuan. Harapan saya kepada seluruh masyarakat Lampung saya mengharapakan dukungan, untuk terlaksananya kegiatan ini (red lomba UKS tingkat Nasional), kususnya kepada masyarakat Bumisari dan wali murid juga intansi terkait," paparnya. (Tri).

Keterangan gambar : H. Rycko Menoza, SZP. SE.SH. MBA Bupati Lamsel bersama jajaran muspida serta uspika kecamatan Natar dalam acara penyambutan serta penilayan lomba UKStingkat nasional Di Bumisari kecamatan Natar.

Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penilayan Lomba UKS Tingkat Nasional, SDN Bumisari Yakin Raih Prestasi Maksimal

Trending Now

Iklan

iklan