Prospek Bertani Pepaya

Iklan

Prospek Bertani Pepaya

Redaksi
Senin, Mei 11, 2015 | 16:47 WIB 0 Views Last Updated 2015-05-11T09:50:15Z

Suaralampung.com, Buah Pepaya sering kita jumpai Di Pasar tradisional dan pasar swalayan, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara budidaya tanaan pepaya tersebut. Inilah yang dimanfaatkan oleh Sastra Amijaya warga Desa Candimas Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Pepaya merupakan tanaman buah dari jenis famili Caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat juga dapat tumbuh baik diwilayah Coasta Rica. Habitat tanaman pepaya adalah di daerah tropis maupun subtropis iklim basah kering dan pegunungan (sampai 1000 m) diatas permukaan laut.

Dikatakan Amijaya panggilan akrab Sastra Amijaya bahwa Pepaya dapat berbuah sepanjang tahun. Jenis pepaya yang banyak dikenal orang di Indonesia, yaitu, pepaya semangka memiliki daging buah berwarna merah semangka, rasanya manis. Pepaya burung, warna daging buah kuning, harum baunya dan rasanya manis.


"Dengan harga pepaya mencapai Rp 3000 per kilo gram ditingkat petani, serta luas tanah empat hektar omset perbulan dapat mencapai Rp 40 juta, satu hektar tanaman pepaya dalam satu bulan dapat menghasilkan 20 ton buah pepaya," ujarnya Senin (11/5).


Ayah dua anak ini menambahkan manfaat pepaya sebagai pensuplai nutrisi terutama vitamin A. dan C. buah pepaya juga dapat diolah menjadi makanan seperti sari pepaya, dodol pepaya. Dalam industri makanan buah pepaya sering dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna serta kadar vitamin.

"Sedangkan akarnya dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal dan kandung kencing.
Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut, sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap untuk menambah nafsu makan, serta dapat menyembuhkan penyakit beri-beri. Batang buah muda serta daunnya mengandung getah putih yang berisikan enzim pemecah protein yang disebut 'papaine' sehingga dapat melunakan daging untuk bahan kosmetik digunakan pada industri minuman (penjernih), industri farmasi serta textil," katanya.

Masih kata dia Pepaya akan tumbuh dengan baik dan subur pada daerah yang memilki curah hujan 1000-2000 mm per tahun. Suhu udara optimum 22-26 derajat C dengan Kelembaban udara sekitar 40%. Sementara pemupukan terbilang mudah dengan hanya menggunakan pupuk organik serta ZA maka tanaman pepaya akan dapat tumbuh dan berbuah dengan baik.


"Tanah yang baik untuk tanaman pepaya adalah tanah yang subur serta banyak mengandung humus. Tanah itu harus banyak menahan air juga gembur. Derajat keasaman tanah ( pH tanah) yang ideal adalah netral dengan pH 6-7. Kandungan air dalam tanah merupakan syarat penting dalam kehidupan tanaman pepaya. Air yang menggenang dapat mengundang penyakit jamur perusak akar hingga tanaman layu (mati). Sedangkan apabila kekurangan air, maka tamanan akan kurus daun bunga dan buah rontok. Tinggi air yang ideal tidak lebih daripada 50–150 cm dari permukaan tanah," tuturnya.

Untuk pemasaran buag ini Biasanya buah dikemas dengan keranjang dalam jumlah banyak yang dilapisi kertas atau kantong bekas semen untuk menghindari luka pada buah, pada peti yang juga dilapisi dengan kantong semen atau sejenisnya, setelah itu dimasukan kedalam truk untuk diangkut ke pengpul atau pasar serta swalayan. (Tri).

Proses penyemprotan dan pemupukan tanaman pepaya muda dilokasi perkebunan. Dimana pemupukan yang baik dan teratur akan menentukan kwalitas buah dan tanaman pepaya.


Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prospek Bertani Pepaya

Trending Now

Iklan

iklan