Kampung Sukawaringin Sukses Terapkan ADD 2015

Iklan

Kampung Sukawaringin Sukses Terapkan ADD 2015

Redaksi
Minggu, Januari 17, 2016 | 20:18 WIB 0 Views Last Updated 2016-01-17T13:18:05Z

Suaralampung.com. Penerapan Anggaran Dana Desa yang menjadi prioritas Nasional, kini sudah menjadi bagian dari pengembangan dan percepatan pembangunan yang memprioritaskan Desa sebagai lokomotif penggerak secara maksimal. 

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh  kampung Sukawaringin kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung tengah, dimana Kampung dengan luas wilayah ± 400 hektar, dengan jumlah kepala Keluarga yang mendiaminya mencapai 665 KK. 

Seperti dikatakn kepala Kampung Sukawaringin, Asih Triani S,Pd dimana untuk program yang telah dilaksanakan pada penerapan (Anggaran Dana Desa) ADD  tahun 2015 yang lalu adalah. Talud penahan tanah Di Dusun Satu, Dusun dua dan Dusun lima Desa Sukawaringin, sepanjang (tigaratus enambelas meter) 316 Meter. Dengan total anggaran yang diterima Kampung Sukawaringin untuk pembangunan sarana fisik dan non fisik sebesar Rp 406,632, 353 juta. Dimana dengan dana tersebut
Juga dibangun Gorong gorong di tiga lokasi, serta paping blok halaman (Taman kanak Kanak) Desa Suka Waringin.

"Sementara Pada anggaran ADD tahun 2016 Program Prioritas saya adalah pembangunan Drainase, Tersier, saluran irigasi sawah dan Sumur bor  karna masyarakat Sesa Sukawaringin  sebagian besar adalah petani," ungkapnya ketika dijumpai pewarta media ini, dikantornya, Minggu (17/1).

Dirinya juga mengakui untuk Pembinan posiyandu dan ibu PKK pihak Kampung melakukan pembenahan seperti pengadan seragam kader posiyandu dan PKK, juga kostim olah raga seperti sepak bola juga voli untuk kegiatan karang taruna Desa, ditambah perbaikan giji balita dengan memberikan makanan tambahan, serta pembekalan dan pelatihan kader pusiandu.

" Saya menganggap bahwa pembinan non fisik sama pentingnya dengan pembinan fisik, dimana kwalitas manusia dalam hal ini masyarakat kampung Suka waringin juga perlu ditingkatkan seperti peningkatan infrastruktur, intinya keduanya harus berjalan berimbang, " ungkap ibu yang sangat aktif. Dan konsen pada kegiatan Pembinan pendidikan usia dini ini.

Sementara ketika ditanya terkait kendala dalam pelaksanan dan penerapan dana Desa, lulusan fakkultas pendidikan Universitas ternama dilampung ini menjelaskan, bahwa kesulitannya  terletak pada mekanisme pelaporan yang belum baku, sehingga lambat dalam penyusunannya, namun pada tahun depan dirinya obtimis bahwa kendala ini akan teratasi dengan banyaknya pembinan yang dilakukan oleh  pihak dari kabupaten, kecamatan  dan jajaran terkait.

"Sementara untuk insfrastruktur Desa kami memprioritaskan membangun badan jalan baru di dusun sembilan, dimana prioritasnya adalah onderlag pada anggaran dana Desa tahun 2016. Sertaditahun yang sama pula kami menganggarkan untuk melakukan pembelian satu yunit leptop dan LCD proyektor guna memaksimalkan pelayanan pada masyarakat, serta mempermudah proses pelaporan," tambahnya.(Adfentorial /irul)

Keterangan gambar :

Foto: Kepala Kampung Sukawaringin Asih Triani S,Pd

Foto : Kantor Kepala Kampung Sukawaringin

Foto; Talut Hasil terapan ADD kampung Sukawaringin tahun 2015.

Foto : Pafing blog terapan ADD Kampung  Sukawaringin tahun 2015.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kampung Sukawaringin Sukses Terapkan ADD 2015

Trending Now

Iklan

iklan