Desa Way Hui Nyaris Jadi Gudang Sampah

Iklan

Desa Way Hui Nyaris Jadi Gudang Sampah

Redaksi
Sabtu, Juli 23, 2016 | 10:31 WIB 0 Views Last Updated 2016-07-23T03:31:04Z

Suaralampung.com. Karena nila setitik rusak susu sebelangga. Begitu kiranya pribahasa yang tepat ketika keindahan Desa Wayhui Lampung Selatan, terganggu dengan tebaran sampah, sehingga kondisinya nampak sekilas seperti tempat pembuanagan sampah, bukan tidak mungkin tanpa kepedulian semua pihak terutama pemerintah lokasi tersebut bisa benar benar menjadi gudang sampah.

Seperti yang terlihat dalam pantauan media ini di sepanjang pinggir ruas jalan antara Desa Wayhui menuju Jalan Ryacudu Korpri Bandar Lampung, onggokkan sampah yang terlihat menumpuk, menjadi pemandangan tidak elok yang terlihat para pengendara yang melintas.

Bau tidak sedap akan langsung dijumpai, begitu melintasi Jalan Airan Raya Desa Wai Hui, Onggokan sampah terlihat menggunung di pinggir jalan yang mengganggu pengguna jalan.

Tumpukan sampah terjadi akibat tidak tersedianya tempat pembuangan sampah sementara (TPS), dari pengamatan dilapangan memang di sepanjang jalan tersebut tidak tersedia tempat pembuangan samapah resmi. 

Hal inilah yang kemudian membuat warga dengan mudah dan seenaknya membuang sampah di pinggir jalan.

Jarwito, salah seorang pengendara sepeda motor yang sering melintasi jalan tersebut mengatakan, setiap hari selalu melihat warga yang membuang sampah di sini. Menurutnya, masyarakat sadar bahwa itu bukanlah tempat sampah.

"Seharusnya warga harus membuang sampah pada tempatnya, bukan di pinggir jalan," ujar Jarwito, Sabtu (23/07).

Tumpukan sampah mengakibatkan pengguna jalan merasa tidak nyaman dan mencium arom tidak sedap yang menyengat dari sampah tersebut.

Dari pantauan suaralampung.com saat melintasi jalan tersebut memang benar Kondisi tumpukan sampah sangat banyak dan bakal menggunung dan parahnya lagi ini sudah lumayan lama terjadi.

Masih kata Jarwito, dirinya sangat menyayangkan tidak adanya kepedulian pemerintah terhadap sampah yang berserakan ini.

"Seharusnya pemerintah wilayah setempat yang terkait dalam hal ini segera turun tangan membersihkan sampah-sampah yang berserakan," ujarnya.

Belum adanya larangan membuang sampah menjadi alasan warga untuk tetap membuang sampah di tempat tersebut. Dari keterangan warga dilapangan, terlihat warga membuang sampah saat malam hari atau pagi ketika akan pergi kerja atau keluar rumah (Yoes Anwar).

Keterangan gambar : Kondisi jalan Airan Raya Wayhui

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Way Hui Nyaris Jadi Gudang Sampah

Trending Now

Iklan

iklan