Drs. Adi Utama Membuka Aksi Sapta Pesona Bersih-Bersih Danau Ranau Tahun 2016

Iklan

Drs. Adi Utama Membuka Aksi Sapta Pesona Bersih-Bersih Danau Ranau Tahun 2016

Redaksi
Kamis, Juli 14, 2016 | 22:03 WIB 0 Views Last Updated 2016-07-14T15:03:23Z

Suaralampung.com. Asisten I Bidang  Pemerintahan Dan Hukum  Pemkab Lampung Barat (Lambar), Drs. Adi Utama, membuka Aksi Sapta Pesona Dan Aksi Bersih-Bersih Tahun 2016. Selain itu secara simbolis menyerahkan alat kebersihan kepada perwakilan dari anggota Pramuka, Masyarakat Danau Ranau, Lumbok Seminung, Pencinta Alam, Bumi Bahway, dan  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Lambar. Kamis (14/07). di kecamatan Lumbok Seminung.

Dalam sambutanya Adi Utama mengatakan, acara Aksi Sapta Pesona Dan Aksi Bersih-Bersih Di Danau Ranau Kecamatan Lumbok Seminung Tahun 2016 karena Danau Ranau yang berada di Kabupaten Lambar ini merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Provinsi Lampung dan masuk dalam Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) sehingga harus kita pelihara dan dikembangkan dengan berbagai upaya agar dapat terus menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal  maupun mancanegara.

Selain itu, merupakan kebijakan strategis Nasional untuk mempercepat pembangunan dalam sektor pariwisata, sehingga untuk melakukan percepatannya diperlukan langkah yang sangat strategis, agar tercapai pemberdayaan masyarakat yang kuat di seluruh wilayah kawasan pariwisata.

" Salah satunya adalah program sadar wisata dengan berpegangan pada sapta pesona. Selain itu pelaksanaan kegiatan bersih-bersih danau ini juga memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam menumbuh kembangkan kawasan pariwisata sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terang Adi.
 
Sektor pariwisata  di Kabupaten Lampung sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang sangat baik untuk dikelola dan dikembangkan. Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten  Lambar dengan daerah yang memiliki karakteristik bentang alam yang kompleks yang jarang dimiliki oleh daerah lain, dan memiliki kondisi alam dengan topografi yang menghadirkan nuansa keindahan yang menghiasi daerah ini.

Disamping itu juga, penduduknya yang heterogen dengan adat istiadat dan seni budaya yang bernilai tinggi. Lambar juga memiliki geomorfologi yang lengkap seperti Danau Ranau yang indah yang sangat diminati para pewisata.

" Kita juga punya gunung, sungai, air terjun, dan hutan termasuk flora dan fauna didalamnya, dimana yang kesemuanya itu merupakan anugerah Tuhan yang maha esa yang tentunya patut kita syukuri dan menjadi aset wisata potensial yang dapat dikembangkan," Ungkapnya.

Masih kata Dia,  alam Lambar yang demikian, dapat dijadikan objek wisata andalan pada masa kini dan masa yang akan datang, terlebih lagi jika berbagai objek wisata tersebut diramu dan dikemas dengan paket seni budaya  Lambar yang beraneka ragam, termasuk juga di lumbok seminung ini.

" Kamipun menyadari meskipun Lambar kaya akan potensial wisata, tetapi bila tidak disentuh dan ditangani dengan serius, tentunya tidak akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan Lambar," ujarnya.

Banyak tantangan yang harus kita hadapi untuk menjual potensi wisata yang ada di daerah ini sebagai daya tarik wisata, sehingga mampu menciptakan efek daya atau pengaruh yang begitu banyak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tantangan tersebut antara lain masih perlunya penataan objek wisata, belum maksimalnya peran pelaku dunia usaha pariwisata serta belum berkembangnya  iklim  investasi pariwisata.

Sementara itu kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lambar, Indra Kesuma S.Sos menyampaikan, berdasarkan pelaksanaan kegiatan surat Sekretariat Daerah Provisi Lampung No. 045/1007/III.08/2016 Tanggal 10 Mei 2016 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Aksi Sapta Pesona Dan Aksi Bersih-Bersih Di Kawasan  Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) Kabupaten Lambar.

Selanjutnya kegiatan tersebut di ikuti oleh peserta sekitar 500 orang yang berasal dari masyarakat Kecamatan Lumbok Seminung, masyarakat peduli danau ranau,anggota pramuka, anggota bumi Bahway, ikatan muli mekhanai Kabupaten Lambar, Para pecinta alam dan lain sebagainya yang dilaksanakan dari jam 8.30 sampai dengan selesai (Eko).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Drs. Adi Utama Membuka Aksi Sapta Pesona Bersih-Bersih Danau Ranau Tahun 2016

Trending Now

Iklan

iklan