Info Mudik : Ruas Jalan Provinsi Lampung Masih Banyak Berlubang

Iklan

Info Mudik : Ruas Jalan Provinsi Lampung Masih Banyak Berlubang

Redaksi
Minggu, Juli 03, 2016 | 18:49 WIB 0 Views Last Updated 2016-07-03T15:04:47Z

Suaralampung.com. Bercanda dengan tamu kantor dari Jakarta''Apa tanda kita memasuki ruas jalan di Provinsi Lampung Tandanya, kalau kita terbangun karena goncangan. Kenapa? Karena jalannya berlubang-lubang. Kami ketawa, dalam hati saya kecut. Sesungguhnya itu sebuah realitas. Saya telah mengalami sendiri pengalaman tersebut.

Umumnya ruas jalan Provinsi yang ada di jalur Kabupaten kecamatan dan pedesaan, kondisinya memprihatinkan. Sempit dan berlubang-lubang. Di wilayah Kecamatan Jatiagung Desa Jatimulyo dan Daerah Kecamatan Sidomulyo Candipuro Yang menghubungkan Lampung Timur sambungan ruas jalan Provinsi kita itu mulus. Kalaulah ini saja yang dipakai sebagai ukuran, maka artinya, Lampung lebih istimewa di mata pusat.

Kalaulah boleh memilih, membangun jalan provinsi atau jalan desa? Saya akan pilih keduanya sekaligus. Keduanya urat nadi ekonomi. Yang satu urat nadi ekonomi nasional karena lintas provinsi dan kabupaten, yang lainnya urat nadi ekonomi desa karena merupakan jalan desa, prasarana warga desa.

Sesungguhnya infrastruktur jalan di desa intra desa dan antar desa kondisinya sangat memprihatinkan. Dalam kesempatan saya melintasi ke beberapa desa, beberapa waktu lalu, masyarakat desa mengekspresikan kesedihannya dalam berbagai bentuk.

Ada yang mafhum, ada yang frustrasi, ada juga yang apatis. Di desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, masyarakatnya minta dibangunkan salah satu ruas jalan desa. Bila jalan desa itu dibangun oleh pemerintah, maka sampai dunia kiamat masyarakat tidak akan minta lagi kepada pemerintah. Segitunya hadoh kesel banget agaknya ni warga.

Di Desa Karang Sari,Kecamatan Jatiagung, Sidomulyo Hingga Lampung Timur, masyarakat minta jalannya diperbaiki. Bila musim hujan, jalan itu seperti kubangan. Jangankan mobil, gajah pun tak bisa lewat, kata mereka dalam bahasa sarkasme.

Masih banyak lagi desa-desa kita yangbelum tersentuh pembangunan atau renovasi jalan. Padahal jalan desa ini merupakan urat nadi ekonomi desa. Di desa Jatimulyo, Kec Jatiagung,Lampung Selatan merupakan Pasar Central Provinsi Penjualan hasil bumi dari berbagai wilayah yang ada di provisi Tapis Berseri ini, hasil tanaman penduduk seperti Jagung manis, Sawi, Kacang Panjang,kangkung,Genjer, kelapa, wortel, dan buah buahan serta hasil bumi lainya yang ada di pedesaan sakaisambayan ini.

Pemerintah provinsi dan kabupaten sesungguhnya telah menempatkan pembangunan infrastruktur jalan desa sebagai prioritas, namun komitmen tersebut lebih banyak dalam retorika, dalam pelaksanaannya masih tercecer.

Memang dilematis. Kepala daerah umumnya ingin menorehkan sejarah sebelum meletakkan jabatan berupa proyek-proyek raksasa yang prestisius dan menelan biaya besar. Proyek ini mudah dilihat hasilnya. Apalagi dana cukup tersedia. Jalan-jalan desa tidak prestisius, tapi yakinlah akan lebih banyak berguna bagi masyarakat kecil (Yoes Anwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Info Mudik : Ruas Jalan Provinsi Lampung Masih Banyak Berlubang

Trending Now

Iklan

iklan