Kontribusi PNM Dalam Mengembangkan Pelaku UKM Di Lampung

Iklan

Kontribusi PNM Dalam Mengembangkan Pelaku UKM Di Lampung

Redaksi
Sabtu, Agustus 13, 2016 | 16:03 WIB 0 Views Last Updated 2016-08-13T14:25:36Z
SuaraLampung.Com. Bandar Lampung - Sadar akan pentingnya pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tanah air, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM selaku BUMN yang mengemban tugas khusus dalam mengembangkan UMKM di Indonesia melalui cabang Lampung menggelar program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) dengan tema "Memanfaatkan Lahan Kosong Sebagai Sumber Penghasilan Baru" pada hari Sabtu (13/8) di Rumah Makan Kampoeng Bamboe Bandar Lampung. Dalam kegiatan pelatihan yang diikuti oleh mitra binaan PNM dari berbagai macam sektor usaha seperti warung sembako, home industry, hingga hasil bumi PNM menggandeng seorang akademisi yaitu Dr. Ir. Sandi Asmara, M.Si sebagai pembicara.

        Executive Vice President PT PNM Arief Mulyadi mengatakan tingginya aktivitas ekonomi pada sektor UMK di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya menjadi alasan utama PNM dalam menggelar kegiatan pendampingan serta pengembangan usaha bagi para pelaku UMK di wilayah tersebut agar dapat menggerakkan roda perekonomian daera"Kami melihat geliat aktifitas sektor ekonomi mikro di Lampung sangat luar biasa, oleh karena itu selaku BUMN yang mengemban tugas dalam memberdayakan UMKM di Indonesia sudah seharusnya memberikan pelatihan serta pendampingan usaha seperti ini. Agar mampu menghasilkan para pengusaha yang memiliki daya saing tinggi." Ujar AriefIa menambahkan, konsep pendampingan dan pelatihan usaha seperti ini sangat diperlukan bagi pelaku UMK karena dalam pelatihan para debitur akan diberikan pemahaman, motivasi, dan diskusi strategi untuk mengembangkan usaha mikronya agar lebih berkembang baik dari aspek produksi, distribusi, dan pemasaran.
​Foto Bersama Peserta Pengembangan Kapasitas Usaha UMKM  Dan
PT.Permodalan Nasional Mdani (persero)

      "Menghadapi MEA pelaku UMKM harus mulai menyadari bahwa menggarap pasar ekspor merupakan salah satu tantangan yang sudah di ambang pintu. Oleh karena itu, seluruh komponen yang bergerak di dalamnya harus memiliki bekal yang mumpuni untuk dapat menggarap pasar ekspor. Kepercayaan diri akan potensi dan hasil usaha merupakan pondasi awal yang harus dibentuk," lanjut Arief. Sementara itu Sekretaris Perusahaan PT PNM (persero) Gung Panggodo, mengatakan bahwa kontribusi nasabah Unit Layanan Modal Mikro di Bandar Lampung telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal ini selaras dengan potensi calon nasabah yang jumlahnya cukup besar. Ia berharap dengan adanya kegiatan PKU dari PNM kali ini para pelaku usaha khususnya nasabah PNM di Lampung mampu meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing di era pasar global. ​
Contoh Prodak Unggulan Pelaku UMKM Debitur Ulamm

Jadi salah satu aspek penting agar mampu berperan dan mengambil manfaat dengan hadirnya globalisasi dan perdagangan bebas adalah peningkatan kemampuan dan profesionalitas SDM. Selain itu, kami berharap adanya peningkatan dari sisi pemasaran dan jaringan usaha," tuturnya. Sekedar informasi tambahan, PNM cabang Lampung dari awal beroperasi hingga saat ini terus menunjukkan kinerja yang cukup positif. Terbukti akumulasi penyaluran PNM cabang Lampung hingga penutupan pada Juli 2016 mencapai Rp 264,754 Milyar dengan penerima manfaat sebanyak 5.386 pelaku UMK. Hingga kini PNM cabang Lampung memiliki 12 Unit kantor Layanan Modal Mikro (ULaMM) yaitu UlaMM Kedaton, Natar, Kota Agung, Pringsewu, Kalirejo, Kalianda, Sidomulyo, Tanjung Bintang, Metro, Bandar Sribhawono, Seputih Banyak dan Gedong Tataan. Jangkauan pembiayaannya mencakup 6 Kabupaten dan 2 Kabupaten Kota.

Sekilas Tentang PNM - PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.  Pasca dipercaya mengelola dana Penyertaan Modal Negara (PMN), PNM terus meningkatkan jaringannya dengan menambah sekitar 300 kantor layanan pada tahun 2016. Hal ini dilakukan untuk memperluas layanan pada UMK di seluruh Indonesi.  Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan. (Admin)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kontribusi PNM Dalam Mengembangkan Pelaku UKM Di Lampung

Trending Now

Iklan

iklan