Sungguh Terpuji. DR. Ir. Mustafa Langsung Tenangkan Tawuran Antar Pelajar Di Terbanggi Besar

Iklan

Sungguh Terpuji. DR. Ir. Mustafa Langsung Tenangkan Tawuran Antar Pelajar Di Terbanggi Besar

Redaksi
Minggu, Agustus 07, 2016 | 18:56 WIB 0 Views Last Updated 2016-08-07T11:56:14Z

Suaralampung.com. Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa  terjun langsung ke lokasi tawuran pelajar melakukan pembinaan pada siswa. Pada pristiwa
tawuran antar pelajar yang kembali terjadi antara tiga Sekolah besar, yaitu SMAN 1, SMKN 2 dan SMKN 3 Terbanggibesar. Sabtu, (6/8/2016).

Tawuran antar pelajar tersebut diduga berawal dari saling ejek melalui media social hingga berujung pada tawuran jalanan antar pelajar tiga sekolah tersebut.

Akibat insiden ini, salah seorang siswa yang diduga melakukan aksi pelemparan di gedung SMAN 1 Terbanggibesar diamankan pihak kepolisian. Tak hanya itu, mengantisipasi tawuran lebih luas lagi, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa juga terjun langsung ke lokasi guna melakukan pembinaan pada siswa.

Mendatangi satu per satu sekolah, Mustafa memberi pengarahan dan mengajak siswa untuk tidak mudah terprovokasi dengan informasi apapun yang menyulut konflik atau perpecahan. Pada kesempatan itu Mustafa juga mengajak diskusi langsung siswa untuk dapat berpikir jernih dan mengedepankan kebersamaan.

"Pelajar cerdas adalah pelajar yang mampu berpikir jernih dan dingin dalam menanggapi informasi yang diterimanya. Saya harap siswa tidak mudah terprovokasi atas isu apapun. Pelajar harus focus belajar dan menciptakan prestasi," tegas Mustafa di hadapan ratusan pelajar.

Ia meminta agar siswa menjadi generasi yang bisa mengantarkan Lampung Tengah menjadi lebih baik, dikenal karena prestasi-prestasinya. "Jangan sampai kita dikenal karena kenakalan kita, karena suka tawuran atau hal-hal negatif lainnya. Masa depan Lampung Tengah ada di generasi muda, image ini harus kita rubah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati muda ini juga memberikan arahan kepada seluruh guru dan kepala sekolah untuk bisa mengenali potensi-potensi yang menyebabkan konflik dan melakukan antisipasi, sehingga tawuran dapat dicegah.

Guru dan kepala sekolah harus peka terhadap kondisi lingkungan yang ada di sekolah. Apa yang menjadi penyebab konflik harus diselesaikan, dan pembinaan terhadap siswa harus dilakukan dengan menanamkan rasa cinta tanah air.

Pihak keamanan, lanjut Mustafa, juga diminta untuk siaga di lokasi. "Saya tak mau lagi kejadian serupa di Lampung Tengah. Sudah saatnya kita berpikir untuk perubahan yang lebih baik untuk Lampung Tengah. Masyarakat sudah jenuh dengan konflik, karenanya harus diantisipasi sedini mungkin," pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Lampung Tengah AKBP Dono Sembodo menegaskan siswa yang terbukti melakukan kekerasan dan masuk kategori pidana, maka akan diproses secara hukum. Untuk itu ia meminta agar siswa tidak menganggap enteng aksi tawuran.

"Mereka yang terbukti melakukan pengrusakan, melukai atau aksi apapun yang aktegori pidana, maka akan kami proses secara hukum. Saya harap ini menjadi pelajar bagi adik-adik semua, jangan mudah terpancing emosi dan jangan sampai terlibat apapun dalam aksi tawuran," ungkap Kapolres (irul at*).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sungguh Terpuji. DR. Ir. Mustafa Langsung Tenangkan Tawuran Antar Pelajar Di Terbanggi Besar

Trending Now

Iklan

iklan