Minim Minat Baca, Wahyu Pemuda Asal Tanjung Bintang Mendirikan Rumah Baca Untuk Warga

Iklan

Minim Minat Baca, Wahyu Pemuda Asal Tanjung Bintang Mendirikan Rumah Baca Untuk Warga

Redaksi
Selasa, September 27, 2016 | 06:32 WIB 0 Views Last Updated 2016-09-27T14:38:51Z
SuaraLampung.Com, Lampung Selatan - Berawal dari keinginan dan kepedulian melihat anak-anak dan para orang tua yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka Wahyu Ahmad Ramdhani  nama yang biasa di panggil wahyu ini merupakan pemuda asal Tanjung Bintang yang berinisiatif membuat rumah baca di Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan Rumah baca Madani namanya.

Wahyu mengumpulkan buku bacaan anak-anak dan remaja yang saat ini baru terkumpul sekitar 100 judul buku termasuk sumbangan buku dari para donatur yang tergugah untuk menyumbangkan koleksi bukunya.

Rumah baca yang sementara ini berada di rumahnya di Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung selatan itu sudah mulai ramai dikunjungi warga dan anak-anak di desa tersebut.
Wahyu pemuda alumni Politeknik Negeri Lampung ini mengatakan "selain mengajak untuk gemar membaca, juga membuat kegiatan lain seperti belajar bersama yang dilakukan setiap dua kali dalam seminggu, dan rencananya saya juga akan mengadakan bimbingan belajar membaca dan mengaji dan kegiatan lainya mas" imbuhnya.
Minim Minat Baca, Wahyu Pemuda Asal Tanjung Bintang Mendirikan Rumah Baca Untuk Warga
Pemuda yang aktif di berbagai kegiatan ini juga menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi misalnya buku Bacaan yang masih kurang serta tempat yang masih sangat ala kadarnya, Wahyu menghimbau kepada pemilik buku yang sudah tidak di baca lagi untuk dapat dihibahkan koleksinya kepadanya guna melengkapi koleksi-koleksi diperpustakaanya, karena menurutnya buku tersebut sangat berguna bagi anak-anak dan warga di kampungnya.

Wahyu menambahkan "berbagai kendala ini tidak menyurutkan semangatnya untuk memberi warna baru dan tambahan pengetahuan untuk masyarakat desa yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak-anak dan remaja yang lebih gemar bermain HP dari pada membaca".

Wahyu berharap, "Masyarakat dan pemerintah bisa berpartisipasi mendukung keberadaan rumah baca di Desa Jati Indah ini dengan menyumbangkan buku yang sudah tidak terpakai karena keberadaan rumah baca ini bisa semakin mencerdaskan masyarakat terutama pada anak-anak sekaligus berpartisipasi mendukung program gemar membaca dari pemerintah".ungkapnya

Ruli Hadi Putra, Ketua Ikatan Kemuakhian Masyarakat Lampung Selatan (IKAM Lamsel)  mengatakan "Inisiatif para pemuda ini perlu diapresiasi dan diperhatikan oleh seluruh elemen apalagi Pemerintah, karena memang masyarakat perlu diberi pengetahuan dalam hal pengayaan ilmu dari aktif membaca buku-buku agar memahami hal-hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan yang yang diproleh dari membaca buku tersebut, nantinya dengan sendirinya kan ini akan berdampak dalam memperbaiki taraf hidup mereka" pungkas nya. (Yoes Anwar).

Lokasi Rumah Baca Madani: 
Alamat : Dusun Rengas Jaya B, RT 03/RW 05 
Desa Jati Indah Kec.Tanjung Bintang Kab. Lampung Selatan 
No. HP :  0852-6988-3882
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Minim Minat Baca, Wahyu Pemuda Asal Tanjung Bintang Mendirikan Rumah Baca Untuk Warga

Trending Now

Iklan

iklan