Sowondo ST. Kampung Jaya Sakti Secara Prioritas Berdayakan SDM Tempatan

Iklan

Sowondo ST. Kampung Jaya Sakti Secara Prioritas Berdayakan SDM Tempatan

Redaksi
Kamis, September 01, 2016 | 11:41 WIB 0 Views Last Updated 2016-09-14T23:20:42Z
SuaraLampung.com. Lampung Tengah - Sowondo  ST. Kepala Kampung Jaya Sakti Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. merupakan sosok pemimpin muda yang pada pilkakam langsung tahun 2016 terpilih untuk mengembaan amanah 5 ahun ke depan Sebagai kepala Kampung Jaya sakti.

Dalam wawancaranya dengan media Suaralampung .com. Dirinya mengungkapkan." Untuk mewujutkan pembangunan dan mencapai kesejahtran tidak lepas dari peran serta masyrakat yang ada Di Kampung Jaya Sakti, langkah awal yang kami tempuh adalah memberdayaan potensi masyarakat dengan Sunber Daya Manusia (SDM)  yang ada. "Insaallah  semua bisa berjalan sesuai harapan, dengan adanya Anggaran Dana Desa (ADD)  yang dikucurkan oleh pemerintah Di tahun 2016," katanya.

Ketika wartawan media online  suaralampung.com Berkunjung pada Rabu (30/8/16)  ke kantornya yang sederhana untuk melihat langsung terkait  apa saja program kerjanya dalam membangun kampung Jaya Sakti ke depan. Kepala Kampung yang bersahaja dan sederhana ini mengungkapkan," saya selaku kepala kampung bersama  aparatur kampung telah menyusun program kerja, baik jangka pendek dan jangka menengah serta jangka panjang dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga arah untuk membngun kampung dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyraakat, serta nantinya mendapatkan hasil yang maksimal," ungkapnya.
Sowondo ST. Kampung Jaya Sakti Secara Prioritas Berdayakan SDM Tempatan
Dirinya menambahkan. "Pembangunan Fisik kita prioritaskan untuk membnagun jalan ondarlagh dan talud, karena masyrakat disini sebagian adalah petani, jadi. Semuanya ditujukan untuk melancarkan serta memudahkan dalam mengangkut hasil bumi," Ujarnya.

Masih kata Dia." Selama ini banyak dari masyrakat yang pola pikirnya belum memahami bagaimana membangun kampung. Dari itulah saya ingin merubah menset dari warga masyrakat, sehingga kedepan bisa terlibat langsung dalam membngun dikampung Jayasakti ini," paparnya.
Untuk program jangka panjangnya sendiri yang tentunya untuk menunjang majunya pembangunan yang melibatkan seluruh lapisan masyarkat terutama para pemuda akan di dukung dengan pengunan tekhnologi dibidang peternakan pertanian dan perikanan ada beberapa bidang yang menjadi target Skala prioritas.

Di ungkapkan Suwondo ST "Kita sudah bentuk POKTAN ternak kambing yang sedang kita  kembanagkan yaitu, Kambing perah susu dan untuk kaum wanita kreatif kita bentuk dan sudah berjalan yaitu kelompok  Srikandi Mandiri dengan usaha pembuatan  kripik singkong," ujarnya.
Untuk proses pembangunan Di Kampung Jaya Sakti ini untuk pemberdayaan dirinya punya target. Selesai dalam dua tahun kedepan. sehingga nantinya masyrakat sudah berbagi peran dan bisa berpartisipasi dalam membangun kampung dibidangnya  masing masing.
Saat media ini menannyakan apakah ada kontribusi  perusahaan  Santori. Sebuah Perusahana besar yang ada dikampung tesebut.

Dirinya menjawab," Kalau saya selaku kepala kampung, Santori adalah aset. kalau kita mau bicara jujur, kontribusi perusahaan terhadap maayrakat masih jauh dari apa yang dhrapakan, walaupun selama ini ada yang mereka berikan tetapi jumlahnya  belum sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkapnya.

Untuk Di ketahui Kampung Jaya Sakti saat ini  Jumlah penduduknya mencapai 4700 (empat ribu tujuh ratus) jiwa. Dimana jumlah tersebut tersebar Di Sembilan Dusun.
Ketika di singgung terkait harapannya   selaku kepala kampung. Dirinya mengungkapkan, " Saya berharap pemerintah pusat maupun daerah bisa berperan lebih aktif  dan mendukung program- program yang ada Di Kampung Jaya Sakti,  sehingga nantinya  pemerataan pembngunan bisa berjalan dengan baik," Pungkasnya (irul at).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sowondo ST. Kampung Jaya Sakti Secara Prioritas Berdayakan SDM Tempatan

Trending Now

Iklan

iklan