Tim Pansus DPRD Lamteng Tinjau Kesiapan Pemekaran Kampung Kesumajaya Kecamatan Bekri Menjadi Kampung Wonorejo Jaya

Iklan

Tim Pansus DPRD Lamteng Tinjau Kesiapan Pemekaran Kampung Kesumajaya Kecamatan Bekri Menjadi Kampung Wonorejo Jaya

Redaksi
Selasa, September 27, 2016 | 10:32 WIB 0 Views Last Updated 2016-09-27T14:45:41Z
SuaraLampung.Com. Lampung Tengah - Tim Pansus Pemekaran yang beranggotakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Tengah. melalui Komisi I meninjau langsung persiapan Rencana pemekaran Kampung Kesumajaya, Kecamatan Bekri menjadi Kampung Wonorejo Jaya pada  Kamis (1/9).

Dalam peninjauan ini, Tim Pansus diwakili Sumarsono, Ketua Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan. Kemudian Ali Imron dari PAN, Sofyan Yusuf dan Misrol Habi dari Gerinda. Kehadiran mereka mengecek persiapan administrasi pembukuan, calon tanah balai kampung, puskesmas, sekolah dan sarana umum lainnya.

Hadir juga Camat Bekri, H. M Juanda, S.Sos, Kepala Kampung (Kakam) Kesumajaya, Sugiono, Ketua Panitia Pemekeran, Ponidi, panitia pemekaran dan warga Dusun 5, 6 dan 7 yang akan memisahkan diri. Berawal pada tahun 2016 sebanyak 822 kepala keluarga (KK) di dusun 5, 6 dan 7 mengharapkan pemekaran untuk pemerataan dan percepatan pembangunan.


Menurut Ketua Panitia Pemekaran, Ponidi, masyarakat di Dusun 5, 6 dan sudah lama menginginkan pemekaran kampung. Dengan tujuan, agar pemerataan dan percepatan pembangunan. Khususnya di tiga dusun lebih cepat. Keinginan masyarakat tersebut ditindak lanjuti dengan membuat proposal pada awal tahun 2016 untuk diserahkan ke tim pansus pemekaran yakni DPRD Kabupaten Lamteng Komisi 1.
Tim Pansus DPRD Lamteng Tinjau Kesiapan Pemekaran Kampung Kesumajaya Kecamatan Bekri Menjadi Kampung Wonorejo Jaya
"Kita ingin rencana pemekaran kampung bukan saja didukung oleh warga yang ada ditiga dusun. Akan tetapi, Kakam Kesumajaya juga harus mendukung dengan adanya pemekaran kampng tersebut. Pemekaran kampung di Kampung Kesumajaya ini sangat indah, karena tidak ada debat dan pro kontra dari kakam induk. Sebab semua pihak mendukung dan menyetujui pemekaran kampung tersebut," jelas Ponidi.

Lebih lanjut Ponidi mengatakan, persiapan pemekaran Kampung Wonorejo Jaya dapat dilihat dengan sudah tersedianya fasilitas umum diantaranya 2 buah SDN, 1 SMP, 1 TK, 2 PAUD, 3 masjid, 10 musola, 1 madrasah, 1 lapangan bola dan lahan calon balai kampung. Calon kampung pemekaran memiliki luas lahan sekitar 352 hektar, 822 KK dan 3.036 jiwa. Sedangkan kampung induk sebelum pemekaran terdiri dari 7 dusun dan lebih dari 5 ribu jiwa.

"Dari hasil penilian Tim Pansus tersebut, bahwa Kampung Kesumajaya layak menjadi dua kampung dan tiadak ada masalah kami sangat bangga. Melihat secara geografis Kampung Kesumajaya sangat luas dan padat penduduk, sehingga pemerataan pembangunannya dinilai kurang maksimal. Dengan kedatangan tim pansus untuk melihat persiapan pemekaran, saya berharap panitia bisa lebih semangat," harap Ponidi.

Sementara Ketua Komisi I, Sumarsono, mengatakan, dalam rangka menindak lanjuti pengajuan masyarakat Kampung Kesumajaya untuk memekarkan diri menjadi dua kampung yang sudah disetujui kakam dan panitia. Tim pansus komisi 1 melakukan verifikasi kebenaran dari pada pengajuan panitia tersebut.
Acara peninjauan pemekaran Kampung Kesumajaya
"Kami melakukan verifikasi ini, betulkan masyarakat berkehendak, kakam juga mendukung dan tokoh masyarakat menginginkan dimekarkan. Dan atas kunjungan kami, semua singkron. Sehingga apa yang dikatakan panitia pemekaran yang selalu datang ke kantor dan kerumah memang benar adanya segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pemekaran memang sudah siap," ujar Sumarsono.

Komisi 1 sudah setuju dengan adanya pemekaran Kampung Kesumajaya menjadi dua kampung ini, akan tetapi kembali lagi keaturan yang jadi masalah dan regulasi yang harus dilalui. Namun lanjutnya, Kemendagri masih moratorium terkait dengan pemekaran. "Artinya kita menunggu regulasi lanjutan, hari ini BPMK Kabupaten Lamteng dalam hal yang sama juga datang Kemendagri untuk menanyakan masalah pemekaran aturan mana yang akan dipakai untuk pemekaran. Saya berharap, Kampung Kesumajaya bisa segera dimekarkan untuk percepatan dan pemerataan pembangunan seperti yang diharapkan masyarakat. Apalagi tidak ada pro kontra masalah pemekaran kampung di Kampung Kesumajaya ini," pungkas Sumarsono. (Liputan ADV Lampung Tengah).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pansus DPRD Lamteng Tinjau Kesiapan Pemekaran Kampung Kesumajaya Kecamatan Bekri Menjadi Kampung Wonorejo Jaya

Trending Now

Iklan

iklan