PWI Lambar Minta Aparat Hukum Tangkap Oknum Yang Mengaku Wartawan

Iklan

PWI Lambar Minta Aparat Hukum Tangkap Oknum Yang Mengaku Wartawan

Redaksi
Kamis, Oktober 20, 2016 | 19:46 WIB 0 Views Last Updated 2016-10-20T14:58:06Z
SuaraLampung.Com, Lampung Barat - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mendukung sepenuhnya langkah aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian, untuk memberantas tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan mencemarkan profesi jurnalis dengan melakukan aksi pemerasan mengatasnamakan wartawan.
PWI Lambar Minta Aparat Hukum Tangkap Oknum Yang Ngaku Ngaku Wartawan
Ketua PWI Lambar, Vicky Andrias F mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik, wartawan mendapatkan perlindungan hukum. Namun sepanjang  yang bersangkutan melaksanakan fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
"Jangan sampai oknum yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan kemerdekaan pers. Karena sesungguhnya kemerdekaan pers itu adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum," ujarnya.

Dikatakan Vicky, profesi jurnalis ini adalah profesi yang mulia, karena itu ada undang-undang dan kode etik tersendiri yang mengatur pelaksanaan tugas dan fungsinya.
"Kita mendukung penuh aparat kepolisian dalam memberantas oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, mengatasnamakan dan menyalahgunakan profesi jurnalis untuk melakukan tindakan yang melawan hukum," ungkapnya.


Dijelaskannya, dalam menjalankan tugasnya, wartawan juga harus memahami bahwa kemerdekaan pers adalah kemerdekaan yang disertai kesadaran akan pentingnya penegakan supremasi hukum yang dilaksanakan dengan tanggungjawab profesi yang dijabarkan dalam Kode Etik Jurnalistik.

Pers sangat berperan penting dalam mendorong percepatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah, tapi juga Pers berhak melakukan control terhadap pembangunan di semua sektor. Namun jangan kebablasan mengartikan fungsi control ini. "Kita mengapresiasi tindakan kepolisian dan siap membantu. Karena ini juga merupakan bagian tugas yang dimandatkan kepada PWI untuk menjaga dan dan mengawasi terlaksananya UU Pers dan kode etik jurnalistik," pungkasnya (Eko).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PWI Lambar Minta Aparat Hukum Tangkap Oknum Yang Mengaku Wartawan

Trending Now

Iklan

iklan