Mukhlis Hadiri Acara Bumdes Di Bandung

Iklan

Mukhlis Hadiri Acara Bumdes Di Bandung

Redaksi
Selasa, Desember 06, 2016 | 20:16 WIB 0 Views Last Updated 2016-12-06T13:16:39Z

Suaralampung.com. Bupati Lampung Barat (Lambar), Drs. Hi. Mukhlis Basri memenuhi undangan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Lambar, dan membuka secara resmi kegiatan teknis kaderisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) pekon se-kabupaten Lambar yang berlangsung dari tanggal 5-8 Desember di Auditorium Hotel Gino Feruci Setia Budi Bandung, Jawa Barat, Selasa (06/11).

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Lambar Surahman, S.ip., yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi membangun pekon dalam perspektif berdasarkan UU No 6 tahun 2014 tentang desa. Serta kegiatan ini merupakan kegiatan Apdesi dengan balai PMD Kemendagri Regional Simatera.

Di jelaskannya, bahwa  Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari seluruh pekon yang ada di Lambar dengan jumlah 270 orang lebih, dan materi serta narasumber dari balai PMD Kemendagri Regional Sumatra. kegiatan tersebut juga sekaligus  melaksanakan studi banding atau kunjungan lapangan ke sentra peternakan kambing plus pengolahan kulit kambing yang salah satunya menjadi  bahan baku kulit pakaian dan juga ke pengrajin dodol.

Sementara Bupati Mukhlis Basri menyampaikan, bahwa kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh peserta dengan serius, sehingga didapatkan hasil yang bisa kita sesuaikan dengan potensi yg ada di Lambar. Ilmu yang didapat, dapat kita terapkan dipekon masing masing  dengan ADD khusus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam segala aspek. 

Setelah diadakan pelantihan dan kembali ke pekon masing-masing, maka pengurus Bumdes harus bekerja dengan integritas yg tinggi supaya Bumdes dapat berkembang. 

Menurut Mukhlis, salah satu kegiatan Bumdes ke depan adalah pengelolaan pupuk dan pembelian kopi sehingga penyaluran pupuk dapat lebih baik dan harga kopi lebih stabil. Bupati juga mengharapkan, kegiatan ini dapat menjadi nilai tambah dan menjadikan amanah bagi kampung untuk mengelola dan meningkatkan kreativitas  Bumdes secara profesional dalam mengembangkan ekonomi desa.

Sementara itu Dalam sambutannya Kepala Balai PMD Kemendagri Regional Sumtera menyampaikan, bahwa dalam salah satu instrumen mensejahterakan masyarakat adalah Bumdes dipekon, diharapkan dapat membawa pekon menjadi lebih sejahtera sesuai dengan Undang-indang Desa. Lampung barat termasuk kabupaten yang cepat dalam merespon keinginan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (Eko)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mukhlis Hadiri Acara Bumdes Di Bandung

Trending Now

Iklan

iklan