Bumdes Tulang Bawang Jadi Percontohan Tingkat Nasional

Iklan

Bumdes Tulang Bawang Jadi Percontohan Tingkat Nasional

Redaksi
Senin, Januari 23, 2017 | 17:38 WIB 0 Views Last Updated 2017-01-23T14:34:00Z

Suaralampung.com - Dengan mengefektifkan pengoperasionalan Badan Usaha Milik Desa/Kampung (BUMDES/BUMKAM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengoptimalkan pembangunan kampung di daerah setempat. Senin (23/1)

147 Kampung di kabupaten Tulang Bawang saat ini telah memiliki BUMDES, selain itu juga telah dibentuk 5 Badan Usaha Milik Antar Desa/Kampung (BUMADES/BUMAKAM) sebagai forum kerjasama antar BUMDES. Bahkan keberadaan BUMADES di Tulang Bawang merupakan salah satu percontohan nasional.

Staf Ahli Bupati Tulang Bawang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Zaidirina, yang merupakan pejabat pegiat BUMDES di Tulang Bawang mengatakan melalui BUMDES, diharapkan perekonomian di kampung-kampung dapat tumbuh, walaupun perekonomian nasional sedang melemah."Begitu banyak harapan dan jalan agar kampung bisa menjadi motor dan penggerak perekonomian di tanah air. Melalui program BUMDES, semangat membangun kampung, baik yang ditunjukkan pemerintah, maupun seluruh masyarakat semakin besar, dari seluruh BUMDES yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, bahkan diantaranya ada yang sudah memiliki omset ratusan juta hingga miliar rupiah". Terangnya Dia

Dengan didukung Alokasi Dana Desa (ADD) tambah Zaidirina, Ia juga berharap dapat meningkatkan pemberdayaan pengembagan usaha masyarakat melalui bantuan pembinaan dari BUMDES."Sudah sepatutnya wadah ini menjadi panggung bagi masyarakat di kampung-kampung dalam melancarkan usaha-usaha mereka. Seperti di Kecamatan Penawar Tama, dengan BUMDES mereka mengelola daerahnya dengan membuka bank sapi, bisa menghasilkan miliaran rupiah, dari sana pemasukannya bisa dikelola untuk berbagai hal, seperti simpan pinjam sapi untuk seluruh petani sapi yang ada di daerah tersebut". Pungkasnya (Joni).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bumdes Tulang Bawang Jadi Percontohan Tingkat Nasional

Trending Now

Iklan

iklan