Bupati Lampung Timur Ajak Lestarikan Budaya Tari Cetik Kipas Melinting

Iklan

Bupati Lampung Timur Ajak Lestarikan Budaya Tari Cetik Kipas Melinting

Redaksi
Rabu, April 26, 2017 | 21:38 WIB 0 Views Last Updated 2017-04-26T14:38:24Z

Suaralampung.Com, Lampung Timur - Pada acara Seghibau Limo Ghatus Penari Melinting, memeriahkan kegiatan Lomba Desa Berprestasi, di Desa Pelindung Jaya, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur, pada Selasa (25/4/17).

Chusnunia Chalim Bupati Lampung Timur mengajak seluruh warga masyarakat, untuk bersama-sama ikut berperan dalam rangka melestarikan adat dan budaya Melinting.

Gunung Pelindung, menyaksikan ribuan warga membuatku merinding, semangat dikau disaksikan oleh alam raya, mari bersama sama kita menari melinting, melestarikan adat budaya nusantara. Merupakan sepenggal pantun spontanitas oleh Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim saat memberikan sambutan pada acara Seghibau Limo Ghatus Penari Melinting dalam rangka Lomba Desa Berprestasi Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017 di Desa Pelindung Jaya, Gunung Pelindung, Kabupatrn setempat.

Menurut Bupati wanita pertama di Provinsi Lampung tersebut, Tari Cetik Kipas Melinting atau lebih dikenal dengan Tari Melinting, merupakan tari tradisional Lampung, yang wajib di lestarikan, karena merupakan peninggalan Ratu Melinting yang berada di Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur.

"Tari Melinting ini merupakan aset budaya Lampung, yang harus kita lestarikan bersama", tegasnya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, bahwa Tari Melinting ini, menggambarkan keperkasaan putra putra Lampung dalam memberikan perlindungan terhadap keluarganya, serta menggambarkan kelembutan dan kehalusan budi pekerti putri-putri Lampung.

"Tarian ini mulai dipertunjukkan pada sekitar abad ke 16 yaitu saat Ratu Melinting menerima tamu-tamu agung ataupun pada saat Ratu Melinting mengadakan pesta adat", tambah Chusnunia, yang telah dianugerahkan gelar dari Keratuan Melinting dengan sebutan Ratu Inten. (Rls/Raja/tri/Eko Arif)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Lampung Timur Ajak Lestarikan Budaya Tari Cetik Kipas Melinting

Trending Now

Iklan

iklan