DR. Ir. Mustafa Minta SKPD Wajib Buat Program Yang Mampu Menjawab Permasalahan Masyarakat.

Iklan

DR. Ir. Mustafa Minta SKPD Wajib Buat Program Yang Mampu Menjawab Permasalahan Masyarakat.

Redaksi
Rabu, April 05, 2017 | 01:03 WIB 0 Views Last Updated 2017-04-04T18:03:15Z

Suaralampung.Com. Lampung Tengah - Untuk mewujudkan program Lampung Tengah bergerak, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa meminta setiap SKPD wajib membuat program yang mampu menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

SKPD, kata dia, wajib membuat satu inovasi yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. "Saya minta SKPD tidak hanya bekerja di belakang meja. Tetapi juga harus bergerak, membuat terobosan dan inovasi yang bisa membawa perubahan bagi Lampung Tengah," ucap Mustafa saat membuka Workshop Dewan Riset Daerah di kantor Bandiklat Lampung Tengah, Selasa, 4/4/2017.

Dengan luas wilayah dan banyaknya potensi daerah yang dimiliki Lampung Tengah, sudah sepatutnya hal ini diimbangi dengan inovasi atau terobosan  baru. Dia meminta agar program dan produk Lampung Tengah tak hanya bisa dikenalkan ke masyarakat lokal tetapi juga ke nasional.

Lampung Tengah, lanjutnya, memiliki program ronda yang diharapkan bisa dikenalkan secara nasional. Ronda adalah kearifan lokal yang harus dikenalkan dan dilestarikan secara luas. "Saya harap ronda Lampung Tengah bisa go nasional. Ini adalah salah satu PR dewan riset, bagaimana program dan produk unggulan Lampung Tengah bisa dikenal secara luas," imbuhnya.

Selain itu, Lampung Tengah juga memiliki beras singkong dan beras sehat yang menjadi salah satu produk unggulan Lampung Tengah. Dewan riset diharapkan dapat membuat inovasi pemasaran, sehingga produk-produk unggulan Lampung Tengah bisa dikenal luas.

Inovasi-inovasi lain diharapkan bisa dilahirkan dari seluruh SKPD yang ada. "Saya minta satu SKPD wajib membuat satu inovasi unggulan. Sudah saatnya kita bergerak. Tempatkan diri kita sebagai pemberi solusi, bukan sebagai pejabat yang ingin dilayani. Buatlah program sesuai kebutuhan masyarakat, lalu implementasikan secara nyata. Jangan buat program kosong tanpa target yang jelas," tegas Mustafa.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Riset Daerah Drs. I. Gusti Suryana menuturkan, dibentuknya dewan riset daerah di Lampung Tengah, pihaknya akan terus meningkat upaya dalam mendukung pembangunan daerah melalui pengembangan berbagai kebijakan.

"Khusunya terkait dengan penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui workshop ini diharapkan melahirkan ide-ide atau pemikiran yang mampu membawa perubahan Lampung Tengah yang lebih baik," pungkasnya.(irul)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DR. Ir. Mustafa Minta SKPD Wajib Buat Program Yang Mampu Menjawab Permasalahan Masyarakat.

Trending Now

Iklan

iklan