Wakil Panglima Penggitokh Alam Wilayah Pringsewu Dikukuhkan Sultan Sekala Brak

Iklan

Wakil Panglima Penggitokh Alam Wilayah Pringsewu Dikukuhkan Sultan Sekala Brak

Redaksi
Selasa, April 18, 2017 | 10:59 WIB 0 Views Last Updated 2017-04-18T03:59:34Z

Suaralampung.Com, PRINGSEWU - Wakil Panglima Panggitokh Alam, bahatur, dan panggawa Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong untuk wilayah Kabupaten Pringsewu dikukuhkan oleh Paduka Sai Mulia Sai Batin Peniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23. Pengukuhan berlangsung di Pendopo kabupaten Pringsewu, Senin (17/4), dihadiri para petinggi kerajaan adat Sekala Brak, wakapolda Lampung Brigjen Pol.B.Tampoi, wakil bupati Tanggamus Samsul Hadi,  jajaran pemkab, DPRD, muspida, serta para tokoh adat dari Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Lampung Tengah,  dan Lampung Barat, juga tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Penjabat Bupati Pringsewu Yuda Setiawan  berharap dengan dikukuhkannya wakil panglima dan bahatur serta panggawa di Bumi Jejamo Secancanan dapat membawa kemajuan wilayah, terutama dalam pembangunan dan pengembangan serta pelestarian adat budaya Lampung. "Pringsewu merupakan wilayah heterogen yang terdiri dari banyak suku dan ragam istiadat dari berbagai daerah, seperti Jawa yang menjadi dominan , Banten, Sunda, Minang, Palembang, Semende, Batak, Bali dan lainnya. Dan tentu saja masyarakat Lampung yang terdiri dari 2 kesatuan masyarakat adat, yakni Saibatin dan Perpaduan, khususnya Pubiyan," katanya.

Menurut Yuda, banyaknya ragam adat budaya yang majemuk tersebut, bila dikelola dengan baik, tentunya akan menjadi modal dan sumber kekuatan yang luar biasa dahsyat untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.
"Saya mengajak kita semua, khususnya wakil panglima panggitokh alam, para bahatur dan panggawa, serta seluruh  elemen masyarakat Pringsewu, untuk senantiasa bersinergi, bekerjasama saling bergandengan tangan dan bergotong royong dalam membangun Lampung, khususnya Kabupaten Pringsewu yang kita cintai ini, sebagaimana semboyan kita yang terukir dalam lambang daerah Kabupaten Pringsewu, Jejama Secancanan," katanya. 

Sementara itu, Paduka Sai Mulia SBPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23 berharap Wakil Panglima Panggitokh Alam yang dikukuhkan dapat membantu dan mendukung program pemerintah daerah setempat, serta dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat terutama dalam rangka turut menjaga kondusivitas wilayah dan upaya pelestarian adat budaya daerah sebagai bagian dari budaya nasional. "Senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan diantara sesama warga bangsa," harapnya.

Wakil Panglima Panggitokh Alam yang dikukuhkan  SBPDB yaitu Helpin Rianda SE dan Yanwir HK, S.Pd, serta 25 orang  para bahatur dan panggawa. Dua wakil panglima dan 25 bahatur serta panggawa tersebut dikukuhkan berdasarkan Surat Pengukuhan Adat Saibatin Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung No. 027/SKB-KP/SPDB/IV/2017.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan  prosesi lapahan saibatin  atau arak-arakan serta angkon muwakhi atau pengangkatan saudara, diantaranya kepada Penjabat Bupati Pringsewu Yuda Setiawan, Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu terpilih Sujadi dan Fauzi, dan tokoh lainnya. Prosesi angkon muwakhi menjadi pertanda bahwa para tokoh tersebut secara adat telah resmi menjadi keluarga besar Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung. ( Sub Bagian Publikasi Pemkab Pringsewu / Isnanto Hapsara/rls, Bram) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Panglima Penggitokh Alam Wilayah Pringsewu Dikukuhkan Sultan Sekala Brak

Trending Now

Iklan

iklan