Tingkatkan Perekonomian, Tahun Ini Lampung Tengah Bangun Empat Pasar

Iklan

Tingkatkan Perekonomian, Tahun Ini Lampung Tengah Bangun Empat Pasar

Redaksi
Kamis, Mei 18, 2017 | 21:40 WIB 0 Views Last Updated 2017-05-18T14:40:09Z


Suaralampung.Com, Lampung Tengah – Tahun ini pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah akan membangun pasar baru yang akan tersebar di empat titik di wilayah Lampung Tengah, yakni di Linggapura kecamatan Selagai Lingga, Pubian, Bandarjaya dan Gayabaru 1 Kecamatan Seputih Surabaya.

Pembangunan pasar merupakan salah satu upaya Pemkab setempat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat. Kepala Dinas Pasar Lampung Tengah Rusmadi menerangkan, pembangunan pasar terdiri dari dua pasar kampung dan dua pasar daerah.

Untuk pasar kampung, kata dia, anggaran bersumber dari dana alokasi kampung (DAK) dengan total sekitar Rp 2,6 miliar. Sementara pasar daerah, sumber pendanaan berasal dari bantuan departemen perdagangan pusat berkisar Rp 6 miliar setiap pasar.

"Insya Allah semuanya terealisasi tahun ini. Untuk pasar daerah, nantinya akan dibangun di Bandarjaya di atas tanah seluas 4 ribu meter persegi dan di Seputih Surabaya. Sementara pasar kampung, penambahan akan dilakukan di Linggapura dan Pubian," jelasnya, Kamis, 16/5/2017.  

Rusmadi menambahkan, sebelumnya pemerintah juga telah membangun sejumlah pasar dalam rangka meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Seperti pasar kampung di Anak Ratu Aji, Putera Rumbia dan Bandar Surabaya. Sementara pasar daerah yakni pasar Rumbia dan pasar Seputih Mataram.

"Ada yang sudah selesai, ada juga yang masih dalam tahap penyelesaian. Untuk pasar Rumbia dan Seputih Mataram tinggal menungggu serah terima ke Pemda saja. Mudah-mudahan dengan pembangunan pasar baru, akan semakin menggeliatkan perekonomian masyarakat," ujar Rusmadi.

Terkait kebersihan dan peningkatan pelayanan, Rusmadi menegaskan pihaknya akan terus berupaya menciptakan pasar yang bersih, nyaman dan indah. Sejauh ini pihaknya sudah mengerahkan sekitar 60 tenaga kebersihan untuk membantu menjaga kebersihan pasar.

Pihaknya juga telah berkordinasi dengan dinas lingkungan hidup terkait kebersihan dan dinas bina marga terkait pembangunan sarana penunjang pasar. "Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik. Memang belum sempurna, tapi kami akan terus berusaha," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mengatakan pembangunan pasar bisa dipastikan akan merangsang pertumbuhan ekonomi di semua tingkat masyarakat di Lampung Tengah. Pembangunan pasar juga merupakan salah satu program pemerintah untuk membangun ekonomi lokal.

"Pasar berperan penting dalam penggerak ekonomi rakyat. Kehadiran pasar diharapkan bisa semakin menggeliatkan perekonomian warga. Tahun ini kami juga mengajukan permohonan revitalisasi pasar ke Departemen Dalam Negeri dan Departemen Perdagangan. Pasar-pasar yang sudah ada kita revitalisasi agar pemanfaatannya maksimal. Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan," pungkasnya.(tri/rls)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Perekonomian, Tahun Ini Lampung Tengah Bangun Empat Pasar

Trending Now

Iklan

iklan