15 Ribu Pohon Siap Ditaman di Kota Metro, Guna Mewujudkan Kota Terbuka Hijau

Iklan

15 Ribu Pohon Siap Ditaman di Kota Metro, Guna Mewujudkan Kota Terbuka Hijau

Redaksi
Selasa, November 28, 2017 | 15:13 WIB 0 Views Last Updated 2017-11-28T08:13:48Z

Suaralampung.Com, Metro -Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro mengadakan kegiatan tanam pohon di lingkungan Objek Wisata Dam Raman, Metro Utara, Selasa (28/11/2017). Kegiatan ini merupakan upaya Pemkot Metro dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Eka Irianta dalam laporannya mengatakan, dalam pelaksanaan HMPI mengusung tema Kerja Bersama Makmurkan Rakyat dan Lestarikan Alam. Dengan tujuan, untuk mewujudkan Kota Metro menjadi Kota yang bersih, hijau dan asri. Serta guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup sebagai pendukung visi Kota Metro, sebagai Kota Pendidikan dan destinasi wisata keluarga.

"Peserta dalam kegiatan HMPI Kota Metro Tahun 2017 berjumlah 200 orang, yang masing-masing berasal dari unsur pemerintahan dan masyarakat. Sementara untuk pohon yang akan ditanam berjumlah 15 ribu pohon. Kemudian 11 ribu bibit tersebut akan di distribusikan ke 22 kelurahan, jadi setiap kelurahan minimal mendapat 500 bibit pohon," ungkap Eka Irianta.

Tambahnya, Eka menjelaskan bahwa, pohon yang akan ditanam merupakan jenis pohon buah-buahan seperti pohon jambu jamaika, pohon sirsak, pohon duren, pohon mangga, pohon alpukat dan pohon rambutan.

"Sementara itu terdapat juga pohon terbesi, cempaka, ketapang dan pohon salam. Tak hanya itu, pohon-pohon ini kami dapatkan dari bantuan pengusaha di Kota Mero, salah satunya dari Taman Palem Indah, BSB Asih dan Prodia Cabang Metro," papar Eka.

Dalam sambutan Wakil Walikota Metro Djohan mengungkapkan bahwa, melalui kegiatan ini akan mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian lingkungan dan alam. Kegiatan seperti ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap alam, khususnya di Kota Metro.

"Sesuai dengan prinsip kelestarian, kita harus prihatin kondisi alam kita saat ini yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mari kita perangi secara terus menurus hingga alam menjadi lestari. Salah satunya dengan menanam pohon, guna memperbanyak ruang terbuka hijau," ucap Djohan.

Diakhir sambutan, Djohan juga berpesan kepada para Tokoh, Camat dan Lurah untuk mengajak masayarakat dalam memelihara lingkungan dan merawat pohon yang ditanam.

"Jika pada hari ini pohon yang kita tanam hidup hingga 70 %, maka untuk kedepannya saya yakin Kota Metro menajadi kota terbuka hijau. Dimana memelihara lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, untuk kemajuan kita semua pada saat ini hingga masa depan," ujarnya.

Sebelum akhir acara, Wakil Walikota Metro yang didamping Anggota Fokorpimda Metro menyerahkan piagam dan trophy penghargaan Adiwiyata Kota Metro Tahun 2017 kepada SDN 4 Metro Selatan, SD Kristen BPK Penabur Metro, SD Pertiwi Teladan Metro, MIN 3 Metro dan SMP Muhammadiyah 1 Metro. (Rls Kom info)

 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 15 Ribu Pohon Siap Ditaman di Kota Metro, Guna Mewujudkan Kota Terbuka Hijau

Trending Now

Iklan

iklan