Uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) SMKN 1 Liwa Dikembalikan

Iklan

Uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) SMKN 1 Liwa Dikembalikan

Redaksi
Senin, Desember 18, 2017 | 19:27 WIB 0 Views Last Updated 2017-12-18T12:27:52Z

Suaralampung.com. Lambar- Kepala sekolah SMKN 1 Liwa, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), M. Yusuf Muis, S.Pd., M.M., Angkat bicara terkait adanya Pemungutan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Dikatakannya, bahwa pihak sekolah melakukan penarikan SPP ke wali murid, saat belum ada bantuan Pemerintah untuk merealisasikan Program Bantuan Operasi Sekolah Daerah (BOSDA), sehingga pihak sekolah mengambil langkah menarik SPP ke wali murid untuk keperluan membayar guru honorer. 

"Tidak ada paksaan sama sekali kepada wali murid untuk membayar SPP, pihak sekolah mengadakan rapat terlebih dahulu dengan orang tua murid untuk meminta persetujuan dari mereka. Dan itupun tidak semua murid yang membayar, karena ada beberapa wali murid yang tidak menyetujuinya," terang Yusuf.

Yusuf menambahkan, pihaknya sudah mengembalikan dana SPP yang sudah dibayar murid kepihak sekolah sesuai dengan jumlah uang yang sudah masuk. Karena sesuai program Pemerintah Propinsi Lampung membebas kan segala bentuk biaya sekolah, seperti (SPP) untuk  SMKN dan SMAN melalui Program BOSDA.

Di Propinsi Lampung baru tiga Kabupaten yang sudah menerima program BOSDA tersebut. Diantaranya Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Way Kanan, dan Kabupaten Lampung Barat.

Masih kata Yusuf, Khusus pendidikan bagi guru honorer bisa menggunakan dana BOSDA, sebab di dalam Peraturan Menteri tentang petunjuk teknis penggunaan BOSDA, menyatakan memperolehnya penggunaan dana tersebut guna membiayai gaji guru honor atau sekarang disebut THL (Tenaga Harian Lepas).

Pemerintah pusat mengucurkan BOSDA tiga bulan sekali, untuk SMKN  persiswa Rp.1.140.000. (Satu juta seratus empat puluh) per tahun. "Jadi tidak ada alasan pihak sekolah seperti di SMKN 1 LIWA masih menarik SPP, apa lagi sudah ditambah bantuan BOSDA dari Propinsi Lampung," ungkapnya. (Eko)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) SMKN 1 Liwa Dikembalikan

Trending Now

Iklan

iklan