E-Warong Kota Metro menggunakan Aplikasi Kasir

Iklan

E-Warong Kota Metro menggunakan Aplikasi Kasir

Redaksi
Sabtu, Juni 23, 2018 | 20:47 WIB 0 Views Last Updated 2018-06-23T13:47:53Z


Suaralampung.Com.
Metro - Pergeseran bansos pangan dari Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Provinsi Lampung oleh Kemensos dijadwalkan secara bertahap.

Diawali oleh Kota Bandar Lampung pada tahun 2017 bersama 44 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia ditetapkan sebagai lokasi uji coba BPNT.
Selanjutnya pada bulan Mei 2018  Kota Metro dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 6.087 orang.

Menyusul pada tahun uni di Kabupaten Lampung Tengah  dan Kabupaten Lampung Selatan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung; Sumarju Saeni Sabtu 23/06/2018 sesaat setelah selesai bimbingan lanjut e-warong di Kota Metro.

Dikatakan oleh Sumarju belajar dari pengalaman pelaksanaan BPNT di Bandar Lampung dengan tidak mengesampingkan kelebihannya serta dengan pertimbangan perkembangan teknologi yang sangat pesat di era masa kini.
Maka e-warong dipandang perlu memanfaatkan aplikasi kasir atau biasa dikenal dengan (Point of Sales). Aplikasi kasir ini dapat menggantikan cash register manual yang biasanya digunakan.
Aplikasi kasir ini diharapkan agar e-warong dapat berjalan lancar, bermanfaat terhadap pembelajaran anggota ; peningkatan pendapatan KPM  , dan tertib administrasi dalam penyelenggaraan  e-warong. Maka pengelolaan e-warong di Kota Metro yakni dengan menggunakan aplikasi kasir. Ujarnya.

Ketua Kube Karya Bersama; Ekawati mengatakan;
"awalnya kami tersiksa menggunakan komputer dan barcode; sekarang sudah sedikit bisa dan memang sangat membantu kami" katanya.

Ditimpali  juga oleh ibu Maisyaroh yang juga anggota Kube.
"maklumlah pendidikan kami cuma SMP. Kebiasaanya cuma memasak dan ngurus anak. Dengan komputer belum pernah kenal" imbuhnya.

Dengan memakai aplikasi kasir manfaat yang dirasakan oleh anggota Kube antara lain pembukuannya lebih tertib, stok barang segera diketahui dan pengendalian kas, serta kebih efisien.

"dengan aplikasi kasir kita banyak terbantu, seperti stoke barang mudah terpantau, pembukuan keuangan cepat dan juga keuntungannya mudah diketahui" kata ibu Maisyaroh.

Diinformasikan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Fakir Miskin Perkotaan Yulyila Eva bahwa jumlah e-warong di Kota Metro sebanyak 9 kelompok dan semuanya sudah memakai aplikasi kasir. Mengingat jumlahnya e-warong masih dipandang kurang mampu melayani KPM penerima BPNT apalagi melayani masyarakat yang pembeliannya secara tunai maka telah direncanakan pada tahun ini juga akan ditambah sebanyak 10 kelompok. Katanya.

Pertemuan yang penuh  dengan kekeluargaan dalam suasana halal bi halal ini dihadiri oleh 50 orang anggota e-warong dan 15 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). (Rls/Humas Prov).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • E-Warong Kota Metro menggunakan Aplikasi Kasir

Trending Now

Iklan

iklan