Penilaian Lomba Sekolah Sehat LSS-UKS Tingkat Nasional Tahun 2018

Iklan

Penilaian Lomba Sekolah Sehat LSS-UKS Tingkat Nasional Tahun 2018

Redaksi
Sabtu, Juli 28, 2018 | 09:54 WIB 0 Views Last Updated 2018-07-28T02:54:53Z

Suaralampung.com-Gisting-Kamis 26 Juli 2018 Pemerintah Kabupaten Tanggamus menerima Tim penilai Lomba Sekolah sehat - Usaha kesehatan Sekolah (LSS-UKS) Tingkat Nasional di SMK Muhammadiyah Gisting. Acara di pusatkan di Aula SMK Muhammadiyah Gisting.

Dalam ekspose Kepala sekolah SMK Muhammadiyah Gisting Bpk Ihsanuddin, S. Pd " Mengucapkan selamat datang kepada seluruh Tim penilai Lomba Sekolah Sehat - Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah di SMKM Gisting. Berdasarkan keputusan Gubernur Lampung no: G/643/B.03/HK/2017 Tentang penetapan pemenang LSS-UKS tingkat Prov. Lampung yang telah menetapkan SMK Muhammadiyah Gisting sebagai pemenang LSS-UKS tingkat Prov. Lampung yang sekaligus menjadikan SMKM Gisting sebagai wakil prov. Lampung untuk mengikuti LSS-UKS tingkat Nasional.
SMK / STM Muhammadiyah Gisting berdiri pada thn 1998, didirikan oleh majelis Pendidikan Dasar Menengah pimpinan cabang muhammadiyah.

Dengan mengantongi ijin operasional No 955/1.12.B1/U/1998. Oada saat itu masih menggunakan gedung yang lama yang terletak di Jl. Raya Gisting tepatnya di depan KUPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gisting. Sejak awal berdiri SMK / STM Muhammadiyah Gisting mulanya berkonsentrasi pada jurusan teknik mekanik otomotif,  tetapi seiring berjalannya waktu SMKM Gisting membuka jurusan baru yaitu teknik komputer dan jaringan (TKJ) pada tahun 2010/2011 dan teknik sepeda motor pada tahun 2013/2014.

Harapan kepsek SMKM kepada Tim penilai kerja dalam mensukseskan LSS-UKS dapat berbuah manis yang berupa Juara 1 LSS-UKS Tingkat nasional.
Sementara dalam Sambutan Pj Bupati Kab. Tanggamus Yang di wakili Oleh Asisten 3 Firman ranie. Beliau mengucapkan Selamat datang kepada rombongan Tim penilai LSS-UKS Tingkat Nasional Thn 2018 di Kab. Tanggamus.

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS) Pada akhirnya akan terlihat/tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dan ini merupakan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS. Hal ini dikarenakan UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh empat kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun di daerah.

Usaha membina, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik di laksanakan melalui program pendidikan di sekolah / madrasah dengan berbagai kegiatan intrakulikulernya, serta melalui usaha-usaha lain diluar Sekolah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Pemerintah kab. Tanggamus secara maksimal telah berusaha agar seluruh Sekolah / Madrasah yang ada dapat mrlaksanakan UKS secara baik dan benar, agar timbul kesadaran pihak sekolah berprilaku hidup bersihdan sehat. Dengan terus mensosialisasikan ke seluruh Sekolah / Madrasah supaya tujuan UKS tercapai.

Sedangkan Sambutan Gubernur lampung yang diwakili oleh Drs. H. Abdul kabir, M. Ed tenaga ahli TP UKS/M Prov. Lampung.

Atas nama pemerintah prov. Lampung dan Masyarakat maupun selaku pimbina TP-UKS Prov. Lampung mengucapkan selamat datang di Prov. Lampung "sai bumi rua jurai" kepada tim penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Terimakasih atas kesediannya untuk melakukan penilaian terhadap para peserta Lomba Sekolah Sehat kali ini, berkenaan dgn provinsi lampung telah ditetapkan sebagai salah satu Provinsi yang masuk "Nominasi" Tingkat Nasional tahun 2018.

Insya Allah, Tim penilai tidak akan bosan-bosan memotivasi dan mensuport semangat juang jajaran aparatur dan warga masyarakat Lampung guna mewujudkan kemajuan pembangunan pendidikan, kesehatan dan akhlak yang mulia di Prov. Lampung yg tercinta ini.

Anak didik adalah aset bangsa yang sangat berharga dan memiliki posisi strategis bagi kemajuan bangsa dan negara di masa datang.  Karenanya, usaha kesehatan sekolah / Madrasah sebagai upaya koordinatif antat sekolah.

Melalui kesempatan ini, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya SMK Muhammadiyah Gisting sebagai Juara pertama "Lomba Sekolah Sehat" tingkat Provinsi lampung tahun 2017 Kategori SMA/SMK/MA. Keberhasilan tersebut akan mempunyai arti makna dan bermanfaat jika pengaplikasiannya betul-betul dapat menambah semangat serta dorongan agara anak didik lebih giat dalam menuntut ilmu yang berguna bagi dirinya dan masyarakat, sekaligus akan memacu sekolah-sekolah yang lain dalam meraih keberhasilan sebagaimana telah diraih oleh para siswa TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA.

Insya Allah penilaian yang akan dilakukan oleh Tim penilai LSS Tingkat nasional terhadap para peserta Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional thn 2018 dapat memberikan hasil yg terbaik bagi daerah Lampung dalam forum nasional nanti. Selain itu, diharapkan kepada sekolah-sekolah yang lain di prov. Lampung agar terus berupaya memenuhi kriteria yang diisyaratkan untuk menjadi sekolah yang "Sehat".

Sementara sambutan dari Ketua Tim H. Akhyar S. Gs, MM (Kemendikbud)
Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Forkopimda Kabupaten Tanggamus yang telah menyambut kami Rombongan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Adapun kita melakuakan LSS ini untuk menciptakan atau mewujudkan prilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik secara proses cukup lama dan untuk menciptakan kebiasaa-kebiasaan di sekolah hingga dapat di tularkan di rumah masing-masing.

Usaha Kesehatan Sekolah program yang berkelanjutan dan terus tidak terputus dari TK-SMA dan perguruan tinggi. UKS juga adalah dasar untuk membentuk karakter-karakter peserta didik.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP. PKK Kab. Tanggamus Hartati Zainal abidin, Tim pembina UKS Provinsi lampung dan Kab. Tanggamus, para kepala OPD Kab. Tanggamus, Camat se-Kabupaten Tanggamus Ketua yayasan SMK Muhammadiyah Gisting dan Dewan Guru SMK Muhammadiyah Gisting.

Acara dilanjutkan dengan penilaian / peninjauan Ke SMK Muhammadiyah gisting Oleh Tim penilai Lomba Sekolah Sehat.

Laporan :(Sahril Fauzi/Saripudin/Azhimi)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penilaian Lomba Sekolah Sehat LSS-UKS Tingkat Nasional Tahun 2018

Trending Now

Iklan

iklan