BPL Lakukan Penelitian Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

Iklan

BPL Lakukan Penelitian Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

Redaksi
Kamis, September 27, 2018 | 14:17 WIB 0 Views Last Updated 2018-09-27T07:18:04Z

Suaralampung.com-Tanggamus-Balai Pemasyarakatan Lampung (BPL) melakukan penelitian terhadap HS (17) remaja yang tertangkap konsumsi narkoba oleh Sabhara Polres Tanggamus.

Menurut Kasat Narkoba, Iptu Anton Saputra, SH. MH., tim dari Bapas Lampung sudah turun. Instansi ini yang nantinya akan memutuskan sanksi bagi pelaku kriminal termasuk narkoba jika itu dilakukan oleh pelaku di bawah umur.

"Bapas sudah turun, sementara ini sudah melakukan penelitian terhadap orang tua, lingkungan tempat tinggal, pergaulan, lingkungan sekolah dan pergaulan, serta guru HS," ujar Anton, mewakili Kapolres Tanggamus I Made Rasma, kemarin Rabu (26/9/18) malam.

Ia mengaku, nanti Bapas akan membahas hasil dan evaluasi dari penelitian yang sudah dilakukan. Nantinya Bapas akan mengeluarkan rekomendasi untuk tindakan selanjutnya, apakah dikembalikan lagi ke orang tua, atau rehabilitasi.

"Kami sebagai aparat akan mengikuti rekom tersebut, dan itu wajib dilakukan penyidik apabila pelakunya anak-anak sesuai UU Perlindungan Anak," ujarnya.

Kesempatan itu juga, Kasat Narkoba menghimbau masyarakat, orang tua tentang Bahaya Narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Sebab bahaya Narkoba diketahui sangat membahayakan bagi generasi bangsa.

"Dihimbau peran keluarga untuk lebih peduli kepada putra/putrinya, seperti apabila anak keluar/pulang malam agar ditegur dan dikontrol, dicek tujuannya, siapa temannya. Apakah anak kita bergaul dengan orang-orang teridikasi yang tidak benar, agar ditegur diberikan pengertian dengan baik," tutur Iptu Anton Saputra.

Guna mengantisipasi terjadinya masalah pelajar menyalahgunakan Narkoba, Kasat berharap kerjasama, baik stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan keluarga itu sendiri.

"Kepedulian masyarakat, sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan bahaya Narkoba, mari mememulai tindakan dari rumah, keluarga, lingkungan dan masyarakat," tandasnya. (Saripudin/Syahril Fauzi/az)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPL Lakukan Penelitian Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

Trending Now

Iklan

iklan