Bupati Tanggamus Resmikan GSG Pekon Gisting Bawah Sekaligus Penyerahan Santunan dan Hadiah Lomba

Iklan

Bupati Tanggamus Resmikan GSG Pekon Gisting Bawah Sekaligus Penyerahan Santunan dan Hadiah Lomba

Redaksi
Rabu, Oktober 17, 2018 | 20:46 WIB 0 Views Last Updated 2018-10-17T13:46:49Z

Suaralqmpung.Com.
Gisting--Bupati Kabupaten Tanggamus hadiri peresmian GSG(Gedung Serba Guna),Lounching logo  lambang pekon dan penayangan audio visual profil pekon penyerahan santunan & hadiah lomba TPA, serta sekolah minggu oleh bumdes Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting Kab Tanggamus. Rabu,17 Oktober 2018.

Turut hadir dalam peresmian GSG tersebut Drs Effendi M.Si Kepala Balai Pamdes Lampung Kemendagri,Camat Gisting Firdaus S.pd. Asisten III Firman Ranie,DPR Provinsi Lampung Ahmadi Sumaryanto,Kepala Pekon Gisting Sapari,para Kepala Pekon se-Kecamatan Gisting dan masyarakat pekon Gisting Bawah.


Laporan panitia Kepala Pekon Safari mengatakan,dalam tiga tahun berturut-turut dimana pada tahun 2015 kita memulainya 2016,2017 dan 2018 anggaran dana desa yang kami ambil  untuk gedung GSG ini senilai Rp550 juta ,sedangkan habis anggaran untung gedung ini mencapai Rp1,56,40.000 dari mana istilahnya  1 koma sekian miliar. Alhamdulillah dengan semangat gotong royong yang masih tinggi sehingga yang nggak mampu memberikan bantuan pembentukan tenaga ini yang dinamakan Swadaya non tunai kegotong royongan Alhamdulillah yang memiliki harta berlebih mereka membantu berupa material baik itu semen maupun alat-alat material yang lain.

Untuk itu semua kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah membantu terbentuknya gedung serbaguna Pekon Gisting Bawah ini mudah-mudahan apa yang telah kalian Sumbangkan ke gedung ini akan mendapatkan berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mendapatkan rezeki yang lebih banyak sehingga gedung ini menjadi icon bagi kita semua.
"saya sampaikan bahwa kita juga memiliki kegiatan yang dinamakan badan usaha milik desa, ini sudah tertuang di undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 undang-undang Nomor 6 Tahun 2014  pemerintah pekon gisting  memiliki yang namanya badan usaha milik desa Alhamdulillah bertahun-tahun pelan-pelan kita terus memacu pada tahun ini aset yang dikelola oleh badan usaha milik desa kita mencapai 4,6 miliar terdiri dari spam Desa itu sekitar kurang lebih 2 miliar bank sampah 800000000 penyewaan gedung gsg ini karena ini harus secara baik transparan dan akuntabel untuk pelaporan ke masyarakat dan memberikan Pendapatan asli Desa dan alhamdulillah pada saat ini pekon gisting bawah sudah mampu memberikan pekerjaan kepada masyarakat yang notabennya adalah buruh tani dan petani Alhamdulillah penyerapan yang di Bank Sampah juga sudah cukup lumayan tenaga kerjanya untuk memberdayakan masyarakat yang pertama buruh tani yang gak punya pekerjaan, kedua anak-anak putus sekolah , anak yang dari broken home akhirnya bisa narik sampah yang tiap hari badan usaha milik desa Pekan gisting bawah ini pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu ini akan bisa terangkat secara sistem perekonomiannya.
 

Sambutan bupati kab tanggamus Hj.Dewi Handajani mengatakan saat ini berdiri di hadapan bapak-bapak ibu-ibu semua karena proses pembangunan dari pada Gedung Serbaguna di gisting bawah ini Mulai masuk Embong, peta dan lain sebagainya hingga saat ini tidak tampil begitu mudahnya menjadi kebanggaan masyarakat sekitarnya. tentunya aktivitas untuk meresmikan daripada Gedung Serbaguna butuh kerjasama yang baik dari upaya-upaya yang dilakukan dimulai dari kemandirian ekonomi yang ada juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita tidak bisa hanya menunggu dan juga mengandangkan dari bantuan dana yang ada dari Dana Desa saja atau pun dari anggaran pendapatan Belanja apa saja tetapi harus ada terobosan terobosan yang dilakukan.

sekali lagi saya mengapresiasi yang sangat luar biasa atas di redmikannya  gedung ini  oleh saya sangat mengharapkan bahwa ini akan menjadi motivasi, akan menjadi percontohan bagi pekon-pekon yang lainnya yang ada di Kabupaten Tanggamus. bapak-bapak kepala pekon  se-Kecamatan gisting yang berkesempatan hadir bersama ibu Ketua PKK Kecamatan gisting yang berkesempatan harus saling memberikan dukungan terhadap perjuangan dan upaya-upaya yang dilakukan oleh bapak bapak yang ada di Kabupaten Tanggamus kita harus maju bersama. majunya Kabupaten Tanggamus majunya provinsi Lampung majunya Negara Kesatuan Republik Indonesia juga sangat tergantung dari kemajuan kemajuan desa yang ada di wilayah NKRI ini.

 saya dan bapak wakil tentunya juga berkomitmen dan berkonsentrasi fokus untuk bagaimana kita mendorong kemajuan agar tokoh-tokoh yang ada di Kabupaten Tanggamus ini dapat menjadi tokoh yang berbasis pada pakon untuk kesejahteraan masyarakat dan juga keunggulan yang ada di wilayah kabupaten.memang sepanjang pengamatan saya selama ini sudah sangat luar biasa bidang usaha yang didirikan,bumdes yang ada di Pekon gisting bawah ini Mulai dari keterampilan UMKM yang sama dari pengelolaan bank sampah di bidang peternakan pertanian dan lain sebagainya karena itu Tentunya semua ini dilakukan kembali lagi untuk meningkatkan perekonomian yang pada akhirnya nanti akan meningkatkan kesejahteraan daripada masyarakat oleh karenanya dalam hal ini membangun pekon harus dapat mengelola sumber daya alam yang ada dengan memberdayakan sumber daya manusia yang ada. salah satu contohnya hal kecil saja tapi hasilnya luar biasa apa namanya pot bunganya dari akar yang kemudian diolah sedemikian rupa dengan kemampuan apa namanya seni keterampilan dari pada masyarakat ini dapat menjelma menjadi komoditas yang sangat luar biasa termasuk ada meja kursi dan lain sebagainya salah satunya.
saya harapkan timbulnya Inovasi dan kreativitas yang berasal dari pemberdayaan masyarakat kemudian tentunya dengan adanya bumdes ini akan dapat juga mengembangkan UMKM yang ada di wilayahnya masyarakat akan terpacu untuk bisa lebih kreatif pemberian bantuan modal yang diberikan secara bergilir tentunya ini diharapkan akan dapat menciptakan home industri home industri UMKM  yang ada.dalam hal ini sudah masyarakat akan tumbuh kreativitasnya, perekonomiannya dan Insyaallah akan lebih sejahtera lagi masyarakat tentunya. dalam hal ini saya sangat bangga dan bahagia mudah-mudahan pekonn pekon lain di Kabupaten Tanggamus juga bisa seperti gisting bawah ini. sebetulnya banyak juga Pekon yang seperti ini di Tanggamus dan ini baru salah satu contohnya.salah satu pekon yang ber prestasi dapat memberikan kesejahteraan masyarakatnya tidak lepas dari bimbingan dan juga binaan dari Kemendagri kemudian juga bantuan bantuan yang lainnya. dari pusat agar dapat juga nanti diberikan, dikucurkan untuk Kabupaten Tanggamus.

Saya juga berharap bahwa dalam hal ini masyarakat harus ikut terlibat dalam proses pembangunan termasuk juga dalam pemeliharaan daripada hasil-hasil ataupun produk-produk pembangunan karena saya sangat yakin dalam hal ini tentunya kami memiliki kewenangan.
dana desa dapat dikatakan jauh meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya Mohon untuk dapat dialokasikan bagi pembangunan sesuai dengan peruntukannya berdasarkan hasil musyawarah dengan seluruh perangkat yang ada dengan BHP yang ada dengan masyarakat tentunya
sehingga roda pembangunan betul betul. dalam hal ini juga memberdayakan masyarakat jadi tidak ada lagi program-program pembangunan yang dihasilkan bersama tersebut salah satu contohnya. gedung ini terbangun dari swadaya masyarakat Kemudian dari anggaran pendapatan dan belanja Pakong donatur dana tuh dan lain sebagainya oleh karenanya gedung ini menjadi milik kita bersama tanggung jawab untuk memelihara namun kamu jawab kita bersama tidak bisa diserahkan semuanya hanya pada bapak kepala Pekon ataupun aparat pokok saja tetapi seluruh masyarakat juga harus terpanggil untuk ikut bertanggung jawab memelihara Nya sehingga daya pakai usia daripada gedung yang kita bangun bersama ini Insya Allah akan bisa lebih ber manfaat bagi masyarakat.

hari ini di mana untuk pembangunan Gedung Serbaguna  ini kurang lebih 1,5 miliar  luar biasa, satu milyar nya itu berasal dari swadaya masyarakat luar biasa mudah-mudahan ini menjadi inspirasi motivasi untuk kita semuanya.sudah saya bayangkan kalau seandainya akan lebih banyak lagi pekon-pekon yang lain juga berprestasi kemudian juga memiliki badan badan usaha seperti yang ada di Pekon gisting bawah ini.

 Insyaallah Kabupaten Tanggamus ke depan akan semakin maju lagi dan juga saya mengharapkan kepada para calon anggota legislatif baik itu yang di Kabupaten baik itu yang di provinsi maupun juga yang di pusat ataupun DPR RI tentang program-program yang ada Mari kita bersama untuk membangun Tanggamus yang lebih maju,"kata dewi.

Kurang lebih 3 tahun yang pembangunannya tadi saya sampaikan mulai dari gedung yang lama saya pada saat itu masih menjadi ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus jadi Kami sering kegiatan lomba kesrak dan lain sebagainya dengan kondisi gedung yang memang masih belum representatif tahapan-tahapan pembangunannya.

Dan pada hari ini Rabu tanggal 17 Oktober tahun 2018 Dengan ini saya menyatakan resmi di buka mudah-mudahan bermanfaat dan mudah mudah mendapatkan barokah dan Ridho dari Allah subhanahu wa ta'ala,"pungkas dewi.(Saripudin/tim AJOI)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Tanggamus Resmikan GSG Pekon Gisting Bawah Sekaligus Penyerahan Santunan dan Hadiah Lomba

Trending Now

Iklan

iklan