Gubernur Ridho Beri Penghargaan 18 Inovator Lampung

Iklan

Gubernur Ridho Beri Penghargaan 18 Inovator Lampung

Redaksi
Selasa, Oktober 16, 2018 | 17:24 WIB 0 Views Last Updated 2018-10-16T10:24:31Z

Suaralampung.Com
BANDAR LAMPUNG ----- Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo memberikan penghargaan Anugerah Inovasi Daerah Lampung Tahun 2018  kepada 18 inovator Lampung atas dedikasi dan prestasinya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi  untuk kemajuan  Provinsi Lampung.  Penghargaan diserahkan oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, Selasa (16/10/2018) di Hotel Emesia Bandar Lampung.

Selain memperoleh hadiah dengan total senilai Rp90 juta, para pemenang juga memperoleh beasiswa program Strata 1 dari Universitas Bandar Lampung (UBL) dengan total lebih dari Rp403  juta. Penetapan pemenang dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung No. G/357/VI.06/HK/2018  tentang Pemenang Anugerah Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2018. 
Melalui penghargaan ini Gubernur berharap semakin memacu tumbuhnya inovasi dan karya teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi pembangunan. di Lampung. "Harapannya, penghargaan ini juga akan memotivasi masyarakat, peneliti dan pelajar untuk menciptakan karya ilmiah yang implementatif bagi Provinsi Lampung ," ungkap Pj. Sekda Hamartoni saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Ridho.

Hamartoni mengungkapkan jika Lomba anugerah inovasi pada tahun 2018 mengalami masa terbaiknya  dibuktikan dengan keterlibatan 151 peserta/judul yang telah mendaftar di 3 (tiga) kategori yaitu: peneliti, pelajar dan masyarakat. 
Seluruh peserta telah mengikuti berbagai tahapan lomba, hingga saat ini bersama kita telah hadir 18 peserta yang merupakan pemenang lomba anugerah inovasi.

Hamartoni juga menginformasikan jika penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-23 di Provinsi Lampung dengan tema  "Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi".
Selain melakukan penyerahan lomba Anugerah Inovasi Daerah Tahun 2018,  acara dilanjutkan dengan  Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Pengembangan Klaster Inovasi Ubikayu Provinsi Lampung dengan tema "Inovasi Produk Unggulan Daerah untuk Hilirisasi Komoditas Ubikayu". Seperti diketahui, Provinsi Lampung merupakan daerah penghasil ubikayu terbesar di Indonesia, dengan produktivitas hingga 7,4 juta ton/tahun. 

Melimpahnya produksi di sektor hulu ini membuat pertumbuhan di sektor hilir terutama pertumbuhan industri berbasis bahan baku singkong, seperti pabrik tepung tapioka, sorbitol, dextrose, bioetanol, serta pabrik gaplek untuk pakan ternak.  

Pertumbuhan sektor hilir ini diharapkan tidak hanya pada level industri besar, tetapi di level usaha kecil menengah yang cenderung padat karya dan lebih mudah dilakukan oleh masyarakat. 

"Kita berharap, hasil diskusi FGD ini akan menjawab bagaimana arah perencanaan dan pengembangan ubikayu di Provinsi Lampung sebagai produk unggulan yang dapat memberikan kesejahetaraan bagi masyarakat dan mengentaskan kemiskinan di Lampung ," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung Mulyadi Irsan pada kesempatan tersebut.

Roadmap ini diharapkan bisa menjadi petunjuk bagi semua stakeholders dan semua yang terlibat dalam upaya membangun dan memaksimalkan produk unggulan pertanian khususnya komoditas Ubikayu. 

Adapun daftar pemenang Lomba Anugerah Inovasi Daerah di antaranya untuk Juara I Kategori Peneliti berhasil diperoleh peserta dari Institut Teknologi Sumatera dengan karya Angur (akses angsuran syariah untuk mahasiswa Indonesia). Kategori Umum berhasil dimenangkan Iyan Nurdiansyah dari Lampung Barat dengan judul Mesin PENIK (Pencuci Biji Kopi). Kemudian Kategori Pelajar berhasil diperoleh Andi Rahman Arafat siswa asal SMAN 9 Bandar Lampung dengan karya teknlogi terapan Lampung Sein Kendaraan Bermotor dengan Auto Stop System (Ptototype). (Humas Prov Lampung)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Ridho Beri Penghargaan 18 Inovator Lampung

Trending Now

Iklan

iklan