Kabupaten Pringsewu Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018

Iklan

Kabupaten Pringsewu Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018

Redaksi
Senin, Oktober 22, 2018 | 13:50 WIB 0 Views Last Updated 2018-10-22T06:50:28Z

Suaralampung.com.
PRINGSEWU ; Peringatan Hari Santri Nasional 2018 di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung diperingati dengan upacara bendera yang dipusatkan di halaman pendopo kabupaten setempat, Senin (22/10/18).

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bupati Pringsewu K.H.Sujadi, serta diikuti para pejabat daerah diantaranya Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, Sekretaris Daerah Drs.A.Budiman P. Mega, M.M., para asisten dan staf ahli bupati beserta para kepala OPD, para camat, jajaran aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, jajaran DPRD dan muspida, ketua MUI Kabupaten Pringsewu KH.Hambali, Ketua PC NU Kabupaten Pringsewu KH.Taufiqurahman beserta jajaran pengurus PC NU Kabupaten Pringsewu, serta ratusan ulama dan santri dari berbagai pondok pesantren dan madrasah se Kabupaten Pringsewu.

Uniknya, semua peserta upacara baik pembina, pemimpin, perwira, maupun para petugas  dan peserta upacara, semuanya memakai kain sarung khas santri lndonesia.

Bupati Pringsewu K.H.Sujadi yang bertindak sebagai pembina upacara, dalam amanatnya  mengatakan peringatan Hari Santri Nasional  merupakan sebuah apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, peringatan Hari Santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran, dan berkeadilan.

Lebih lanjut Bupati Pringsewu KH.Sujadi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo yang telah menetapkan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, dimana penetapan Hari Santri Nasional merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam di lndonesia, sebagai wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan kaum santri.

Melalui tema 'Bersama Santri Damailah Negeri', peringatan Hari Santri Nasional diharapkan menjadi momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati Pringsewu juga menyerahkan secara simbolis bibit pohon penghijauan kepada perwakilan ulama.

Seusai upacara bendera, para peserta upacara baik ASN maupun santri melakukan kirab dan jalan sehat keliling ibukota Kabupaten Pringsewu  dan masih dengan busana khas kaum santri yakni memakai kain sarung bagi pria, serta busana muslimah bagi wanita, dengan menyusuri ruas jalan utama di Kota Pringsewu, dimulai dari lapangan Pendopo Kabupaten Pringsewu, Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Bambu, Jalan Veteran, Simpang Lima Tugu Pemuda, Jalan K.H.Ghalib Raya, Jalan Jenderal Sudirman, dan kembali ke Pendopo Kabupaten Pringsewu. Berbagai hadiah doorprize juga disiapkan oleh panitia bagi para santri yang beruntung dengan mengundi kupon-kupon yang sebelumnya juga telah dipersiapkan.
(Bram/num)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabupaten Pringsewu Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018

Trending Now

Iklan

iklan