Bupati Tanggamus dan Duta Besar Korsel Hadiri Peresmian PLTA di Semaka

Iklan

Bupati Tanggamus dan Duta Besar Korsel Hadiri Peresmian PLTA di Semaka

Redaksi
Jumat, November 16, 2018 | 11:40 WIB 0 Views Last Updated 2018-11-16T04:40:21Z

Suaralampung.Com.
Semaka -- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri Peresmian Operasional PLTA Semaka oleh PT. Tanggamus Elektrik Power (TEP) yang berlokasi di Blok 10 Register 39 Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kamis 15/11/18.

Hadir juga dalam Peresmian tersebut Duta Besar Korea Selatan Mr. Kim Chang Beom, Presdir dan CEO KOMIPO Company Mr. Park Hyung Koo, Presdir PT. TEP Mr. Yoo Dung Jong, GM PT. TEP Mr Lim Hyung Chul, Forkompinda Kabupaten Tanggamus, para Asisten dan para Kepala OPD Pemkab Tanggamus, Camat dan Uspika Kecamatan Semaka, Bandar Negeri Semuong, Wonosobo Kota Agung dan Kota Agung Barat, para Kepala Pekon Kecamatan Semaka dan Bandar Negeri Semuong, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda unsur ormas dan undangan.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat datang kepada Mr. Kim Chang Beom, Duta Besar Korea Selatan beserta rombongan di Kabupaten Tanggamus, serta selamat menikmati keindahan alam di Bumi Begawi Jejama. "Semoga dapat menikmati kegiatan selama di Kabupaten Tanggamus ini, sehingga sekembalinya dari Tanggamus nanti akan membawa kesan dan kenangan indah serta berkeinginan untuk kembali berkunjung ke Kabupaten Tanggamus," kata Bupati.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa kebutuhan akan sumber daya listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia di seluruh daerah di era globalisasi saat ini. Karena sesungguhnya listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam menggerakkan setiap aktivitas manusia terutama dalam menggerakkan roda perekonomian, karena tanpa adanya sumber energi listrik bagaimana jadinya kehidupan manusia di masa kini maupun di masa yang akan datang.

"Hari ini kita sama-sama hadir disini dalam rangka Peresmian Operasional PLTA Way Semaka dengan kapasitas 2 × 28 MW, di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, oleh PT. Tanggamus Electrik Power (PT.TEP). Dari data yang ada di Pemerintah Kabupaten Tanggamus, proses pelaksanaan proyek PLTA Way Semaka ini sudah dimulai sejak tahun 2011 yang lalu, dimana Bupati Tanggamus telah mengeluarkan Izin Prinsip melalui surat Nomor 050/160/20 fispra/2011, tanggal 8 April 2011 perihal Rencana Pembangunan Energi Power," terang Bupati.

Bupati menambahkan bahwa dengan adanya PLTA yang memanfaatkan sumber daya air di wilayah ini, maka masyarakat dan difasilitasi oleh PT TEP diharapkan mampu melestarikan sumber daya alam dan menjaga lingkungan yang ada serta dapat menciptakan sumber lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. "Selain itu juga dapat menyediakan tenaga listrik yang murah dan ramah lingkungan serta dapat berdampak pada kesadaran masyarakat untuk melestarikan hutan sebagai penyangga pelestarian sumber daya air," tambah Bupati.

"Kabupaten Tanggamus saat ini sedang membutuhkan energi listrik yang cukup untuk menunjang aktivitas industri maritim dan industri penunjangnya yang rencananya akan dibangun di tahun-tahun mendatang dan diperkirakan kebutuhan listrik mencapai 150 MW, sementara pasokan energi listrik di Kabupaten Tanggamus saat ini sangat minim, artinya diperlukan sebuah investasi di bidang energi listrik paling tidak sebesar 250 MW untuk menunjang aktivitas industri serta multiplier effectnya. Dengan keberadaan PLTA ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan listrik bagi industri di wilayah Tanggamus kedepannya," harapnya.

Bupati juga menyampaikan rasa optimisnya dan merasa yakin bahwa Kabupaten Tanggamus kedepan akan semakin maju dan modern. "Investor akan semakin melirik Tanggamus dengan keberadaan PITA ini, suplay listrik akan semakin mencukupi untuk memenuhi industri skala menengah sampai skala besar," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Korea Selatan, yang dalam hal ini diwakili oleh Mr Kim Chang Beom. "Bahwa ini menunjukkan kontribusi dan perhatian besar dari pemerintah Korea Selatan dibidang energi listrik bagi Kabupaten Tanggamus dan Provinsi Lampung, sehingga diharapkan capaian pembangunan Kabupaten Tanggamus dapat diwujudkan. Semoga dengan Tersedianya infrastruktur PLTA ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembangunan daerah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus," pungkas Bupati.

Sementara GM PT. TEP Kim Min Ho, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Lampung, Pemkab dan masyarakat Tanggamus, sehingga PLTA Semaka bisa beroperasi. "Dengan telah beroperasinya PLTA ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan listrik Lampung pada umuumnya dan Tanggamus pada khususnya," ujarnya.

Acara Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita secara bersama sama oleh Bupati Tanggamus, Duta Besar Korea Selatan, Presdir dan GM PT. TEP juga Forkopimda Kabupaten Tanggamus.

Usai acara Peresmian dilakukan peninjauan lokasi perkantoran PT. TEP, serta penanaman pohon di halaman kantor setempat. (Saripudin/Misbah Hidayat/Heru Herwanda)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Tanggamus dan Duta Besar Korsel Hadiri Peresmian PLTA di Semaka

Trending Now

Iklan

iklan