Drainase Masih Jadi Prioritas Pembangunan Desa Tulung Pasik

Iklan

Drainase Masih Jadi Prioritas Pembangunan Desa Tulung Pasik

Redaksi
Senin, Desember 31, 2018 | 12:59 WIB 0 Views Last Updated 2018-12-31T05:59:50Z

Suaralampung.com-Lampung Timur-mataram baru-. Guna memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar bagi desanya, Pemerintahan Desa Tulung Pasik, Kecamatan Mataran Baru, Kabupaten Lampung Timur, tahun demi tahun terus memprioritaskan pembangunan parit (drainase) dalam menata dan membangun desanya.

Pembangunan yang mengarah ke peningkatan parit alami menjadi parit permanen (drainase) ini, dinilai mampu mengurai masalah yang selama ini dikeluhkan warganya. Sebab, di desa yang sebagian wilayahnya terdapat persawahan ini, air hujan bisa jadi masalah ditengah masyarakat jika tidak segera dituntaskan.

"Masalah air memang cukup komplek disini, terutama saat turun hujan. Parit-parit tidak mampu menahan arus air, sehingga menggerus badan jalan hingga longsor dan tak jarang meluap kepermukiman warga. Hal ini bisa jadi masalah jika tidak segera teratasi", ujar Kades Tulung Pasik, M. Nawawi dikantornya, Senin 31/12/2018.

Untuk itu, lanjut Nawawi, hampir tiap tahun bantuan Dana Desa (DD) yang diterima desanya, sebagian diarahkan ke pembangunan drainase. Maka di tahun 2018 ini, masih kata dia, Tulung Pasik membangun drainase sepanjang 1.904 meter dimulai dari Dusun 1 hingga 4 dengan dimensi 0,6 X 0,25 meter.

"Saat ini, pekerjaan drainase itu sudah selesai seratus persen. Monitoring tahap pertama dan kedua sudah di laksanakan dan tidak ada masalah. Menjaga kualitas pekerjaan adalah moto kami dalam membangun desa, untuk itu, dimulai dari penggalian gagasan hingga pengerjaannya selalu melibatkan warga desa", ungkapnya.

Pantauan dilapangan, sejumlah fungsi saluran air di beberapa dusun di desa ini memang tampak belum maksimal, sehingga sering membuat sejumlah ruwas jalan tergenang oleh air hujan. Selain itu, badan siring yang belum permanen juga terlihat tak lagi mampu menampung besarnya volume air saat debet air tinggi.

Sementara itu, hasil pembangunan drainase yang melintas di Dusun 1 hingga Dusun 4 tersebut juga tampak kokoh dan rapih. Ketebalan susunan batu, panjang dan luas dimensi drainase terlihat sesuai petunjuk teknis. Apalagi secara manfaat, pembangunan ini pasti menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Berita wartawan suaralampung.com

(RB/Roy)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Drainase Masih Jadi Prioritas Pembangunan Desa Tulung Pasik

Trending Now

Iklan

iklan