Pemkab Lamsel Raih Penghargaan APE 2018 Kategori Madya dari Presiden RI

Iklan

Pemkab Lamsel Raih Penghargaan APE 2018 Kategori Madya dari Presiden RI

Redaksi
Rabu, Desember 19, 2018 | 18:14 WIB 0 Views Last Updated 2018-12-19T11:14:32Z

Suaralampung.com - Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) kembali meraih penghargaan bergengsi ditingkat nasional.

Kali ini, kabupaten yang dikenal sebagai pintu Gerbang Sumatera ini berhasil penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Presiden RI.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) RI, Yohana Yambise disaksikan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden RI, Jarakta, Rabu (19/12/2018).

Penghargaan itu diterima atas keberhasilan Kabupaten Lamsel dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kepedulian terhadap keselamatan dan kesejahteraan laki-laki dan perempuan dalam upaya perwujudan pengarus-utamaan gender (PUG).

Sebelumnya, Kementrian PP-PA bekerjasama dengan Tim Independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan PUG tahun 2018 di kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi serta pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun, terdapat 159 kabupaten/kota yang akan menerima penghargaan dari seluruh kabupaten kota yang dilakukan penilaian oleh Kementerian-PPPA bersama Tim Independen.

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto bersama Kepala Dinas PP-PA Pemkab Lamsel Ir. Rini Ariasih, MM. usai menrima penghargaan APE 2018.

Kepala Dinas PP-PA Pemkab Lamsel Ir. Rini Ariasih, MM. mengatakan, dengan diterimanya penghargaan itu, diharapkan menjadi motivasi bersama untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi warga dan menumbuhkan partispisasi masyarakat di Lamsel.

Menurutnya, APE merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan sebagai apresiasi bagi kementerian/lembaga, pemerintah darah provinsi dan kabupaten/kota yang telah antusias melaksanakan program perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan.

"Termasuk komitmen dalam kebijakan anggaran, partisipasi masyakakat serta mendokumentasikan dan menyampaikan informasi secara online mengenai upaya hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak," kata Rini yang ikut mendampingi Plt. Bupati Lamsel.

Rini menjelaskan, penghargaan APE dinilai dari tujuh komponen kunci terdiri dari Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan Pasrtisipasi masyarakat.

"Alhamdulillah, setelah dilakukan evaluasi dan verifikasi, Lampung Selatan  memenuhi tujuh komponen tersebut sehingga bisa mendapatkan penghargaan ini," ujarnya.

Sementara, di Provinsi Lampung  sendiri ada 6 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan. Yakni Lamsel kategori Madya, sedangkan 5 Kabupaten lainnya, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur, Mesuji, Lampung Tengah dengan kategori Pratama.

Sebelumnya, Kabupaten Lampung Selatan juga telah dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori Tingkat Pratama. Dan pada tahun 2018 naik level menjadi KLA kategori Tingkat Madya.

"Ini semua berkat kerja kersa dan kebersamaan seluruh stakeholder terkait, dan tentunya dukungan dan partisipasi masyarakat Lampung Selatan," pungkasnya. (*kmf)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Lamsel Raih Penghargaan APE 2018 Kategori Madya dari Presiden RI

Trending Now

Iklan

iklan