Bawaslu Lam-Sel Berhasil Cegah Ribuan APK terpasang Di pepohonan

Iklan

Bawaslu Lam-Sel Berhasil Cegah Ribuan APK terpasang Di pepohonan

Redaksi
Selasa, Februari 26, 2019 | 15:28 WIB 0 Views Last Updated 2019-02-26T08:28:16Z


Suaralampung.Com.
Lamsel - Panwascam Way Panji, Panwascam Palas dan Panwascam Tanjung Bintang berhasil memergoki para pelaku pemasangan APK liar.

Sejumlah kendaraan roda empat dan beberapa personil yang mendapat tugas khusus memasang APK di pepohonan yang bergambar salah satu calon presiden urung dilakukan. 

Hal tersebut disinyalir digagalkan oleh pasukan pengawasan, Bawaslu Lampung Selatan. 

Tepatnya Jum"at (22 /2/19) malam, pukul 20.00 WIB. Instruksi pencegahan di sampaikan oleh kordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Iwan Hidayat kepada jajarannya melalui jejaring Grup Whatsapp.

Ditanya mengenai keberadaan 3.000 an APK yang belum terpasang, Iwan menyampaikan bahwa "Kami hanya sebatas mencegah agar tidak terjadi pelanggaran pemasangan APK. Kalau yang belum terpasang ya kita sarankan untuk dipasang sesuai aturan saja" Ungkap Dia.

Meski beberapa telah berhasil terpasang, namun ini menjadi catatan keberhasilan bagi Jajaran pengawas di Lampung Selatan dalam upaya pencegahan.

"Ya, memang sempat ada yang terpasang namun hanya sekitar puluhan saja  dan yang dapat berhasil di cegah sekitar 3.000 APK" tutur Iwan. Selasa (26/2/19).

Apresiasi tak urung di sampaikan kepada Rekan2 jajaran pengawas dibawah atas kesiapan, kesigappan dan semangat pengawasan yang dimiliki.

Diketahui bahwa terkait kampanye dengan metode Pemasangan Alat Peraga Kampanye atau APK telah diatur dalam PKPU 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu, yang dalam  pemasangannya juga mempertimbangkan etika dan estetika.

Dalam kesempatan ini, Ketua Bawaslu Kab. Lamsel Hendra Fauzi menghimbau kepada seluruh peserta pemilu, pelaksana dan atau tim kampanye serta para relawan untuk tetap mematuhi dan melaksanakan petunjuk tehnis terhadap pelaksanaan kampanyenya.

 "Kami tidak pada konteks mempersempit dan mempersulit ruang gerak dalam upaya-upaya pemenangan oleh peserta pemilu, melainkan kami mencegah dan menjaga agar kita tetap dapat tertib, karena ketika kita sama-sama tertib maka tidak perlu berhadapan pada sanksi dari sebuah pelanggaran," Kata Dia. (Tri)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Lam-Sel Berhasil Cegah Ribuan APK terpasang Di pepohonan

Trending Now

Iklan

iklan