Peringatan HUT Tanggamus ke 22 dan HUT Lampung ke 55, Pemkab Laksanakan Berbagai Kegiatan

Iklan

Peringatan HUT Tanggamus ke 22 dan HUT Lampung ke 55, Pemkab Laksanakan Berbagai Kegiatan

Redaksi
Rabu, April 03, 2019 | 12:44 WIB 0 Views Last Updated 2019-04-03T05:44:22Z


Suaralampung.Com.
Tanggamus -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanggamus yang ke 22 dan HUT Provinsi Lampung ke 55, Pemkab Tanggamus menggelar Upacara di Lapangan Merdeka Kota Agung, Kamis, 21 Maret 2019.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dan Komandan Upacara Camat Ulubelu Yosa Sumbala. Upacara dihadiri juga oleh Mantan Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, Forkopimda Tanggamus, Pimpinan instansi vertikal, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, serta tokoh masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

Dalam upacara yang diikuti seluruh ASN dilingkungan Pemkab Tanggamus, anggota TNI/Polri, para pelajar dan Ormas ini, ditampilkan juga aksi Drumband oleh SDN 4 Kuripan dan SUPM Kota Agung. Kemudian pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanggamus oleh Ketua DPRD Tanggamus, Pembacaan Pembukaan Undang Undang Dasar 45 oleh Camat Kota Agung Syarif Zulkarnain serta pemberian Satya Lencana Karya Satya kepada 50 orang PNS.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan HUT ini hendaknya menjadi motivasi untuk kemajuan Kabupaten Tanggamus. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para pendiri dan pemimpin Kabupaten Tanggamus selama ini."Mari kita jadikan setiap untaian peristiwa yang penuh hikmah. Terima kasih kepada pendiri dan pemimpin Kabupaten Tanggamus sebelumnya. Marilah kita satukan tekad sesuai visi Kabupaten Tanggamus yaitu, Tangguh, Agamis, Mandiri dan Sejahtera," kata Bupati.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi, yang dibingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih gemilang. 

Bupati juga menjelaskan tentang program pembangunan Tanggamus kedepan. "Di tahun 2019 ini pula kita akan mulai rencana pembangunan jalan lingkar luar Gisting - Kota Agung, yaitu sebagai alternatif jalur Batu Keramat. Ini merupakan antisipasi kita terhadap kondisi jalan nasional di Batu Keramat yang rawan longsor. Jalan lingkar luar tersebut akan menghubungkan Gisting dan Kota Agung dengan perkiraan panjang 19 km, di tahun anggaran 2019 telah dianggarkan untuk studi kelayakan jalan tersebut," jelas Bupati.

Bupati juga berpesan, bahwa tahun ini merupakan Tahun Politik, dimana kita akan melaksanakan Pemilihan DPRD Kabupaten hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. "Kita ingin pada saat pelaksanaan Pesta Demokrasl tanggal 17 April esok dapat berjalan aman, sukses dan lancar. Untuk Itu kita semua harus selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat. Kondusifitas Kamtibmas sangat kita harapkan guna suksesnya agenda demokrasi tersebut," harapnya.

*Ziarah ke Makam Pahlawan*

Usai pelaksanaan Upacara, Bupati beserta Forkopimda dan sejumlah pejabat yang hadir, melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia, Kota Agung Timur.
HUT Tangamus Pemkab Ziarah Tabur Bunga di TMP Bahagia.

Ko-tim– Upacara ziarah taman makam pahlawan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Tanggamus ke-22 tahun 2019 dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, jalan lintas barat Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Kamis (21/03/2019).

Mengawali ziarah dilakukan Upacara penghormatan yang dipimpin oleh Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo, S.IP., M.Han, dengan prosesi mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan ditutup dengan do'a.

Adpun peserta Upacara, terdiri dari satu pleton Anggota TNI Kodim 0424 Tanggamus, satu pleton Anggota Dalmas Polri, satu pleton gabungan Polsek, satu pleton Satpol PP Tanggamus, satu pleton Dishub Tanggamus. 

Usai Upacara Bupati dan rombongan melakukan ziarah ke makam para pahlawan untuk penaburan bunga.

*Pangan Balak*

Masih dalam rangkaian peringatan HUT, serta dalam rangka memeriahkan dan melestarikan adat budaya Lampung, dilakukan juga acara Pangan Balak yang ditempatkan di Taman Kota, Kota Agung.

Selain dihadiri oleh Bupati, Forkopimda, Anggota DPRD dan Jajaran Pemkab Tanggamus, hadir juga Sultan Sekala Brak Edwarsyah Pernong, Anggota DPR RI Sudin, SE.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan Pangan Balak yang dilaksanakan siang hari ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus. "Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk ragam budaya daerah Lampung yang wajib dilestarikan di Bumi Begawi Jejama," ujarnya.

Sementara Sultan Sekala Brak Edwarsyah Pernong, menyampaikan dan mengajak seluruh masyarakat, khususnya adat Lampung Sekala Brak untuk menyatukan visi dan misi untuk mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang saat ini dipimpin oleh Ibu Dewi Handajani. "Meskipun pada saat yang lalu kita sempat terpisah pisah oleh hak politik kita, namun saat ini kita bersama sama menjaga, membangun dan mensinergikan apa yang menjadi program prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus, demi kesejahteraan kabupaten sendiri, yang lebih baik lagi kedepannya," kata Sultan Edwardsyah Pernong.

Dalam kesempatan ini juga Bupati menyerahkan piala dan hadiah atas perlombaan yang dilakukan dalam rangka Peringatan HUT.

*Tanam 30.000 Pohon Akasia dan Pencatatan Rekor MURI*

Selanjutnya rangkaian kegiatan peringatan HUT Tanggamus masih akan dilakukan pada Jum'at (22/3/19). 

Terdapat dua agenda lagi yang akan dilaksanakan, yakni Penanaman 30.000 Pohon Akasia dalam rangka penghijauan, juga Pencatatan Rekor MURI, yang akan dipusatkan di Dusun Mandi Angin, Pekon Sinar Sekampung Kecamatan Air Naningan. Selain itu penanaman pohon ini juga untuk menstimulus masyarakat agar menumbuh kembangkan budaya menanam pohon untuk kelestarian lingkungan.

Pada malam harinya akan dilakukan juga pembukaan event Tanggamus Expo yang akan dilaksanakan dari tanggal 22 s.d 25 Maret di Islamic Center, Kota Agung.

Sebelumnya Pemkab Tanggamus juga telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tanggamus dan HUT Provinsi Lampung. Yang pada tahun 2019 ini dilaksanakan dengan tema Ciptakan Kreativitas dan Inovasi Menuju Perubahan Tanggamus yang Maju dan Sejahtera. (ADV)


Ketarangan Gambar : Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI)  pada acara penanaman pohon akasia terbanyak sejumlah 30 ribu.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan HUT Tanggamus ke 22 dan HUT Lampung ke 55, Pemkab Laksanakan Berbagai Kegiatan

Trending Now

Iklan

iklan