Kirab Budaya Tahunan Pawai Obor Meriahkan Malam 17 Agustusan Di Kalianda...

Kirab Budaya Tahunan Pawai Obor Meriahkan Malam 17 Agustusan Di Kalianda...

suaralampung.com - KALANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan menggelar kirab pawai obor, Kamis (16/8/2019) malam.

Kegiatan tahunan itu diikuti ribuan pelajar berseragam pramuka, mahasiswa, ormas, TNI/Polri, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Pawai obor yang dimulai dari depan kantor Bupati Lampung Selatan itu dilepas Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi bersama Sekretaris Daerah Fredy dan dihadiri seluruh Forkompimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Kegiatan Taptu dan Pawai Obor yang dilaksanakan tersebut, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dengan mengucap Bismillahhirrohmannirrohim kegiatan Taptu dan Pawai Obor dalam rangka peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2019 dengan ini saya nyatakan dimulai," ucap Hendry.

Pantauan di lapangan, warga Kalianda dan sekitarnya terlihat memang tiap tahunya selalu antusias untuk menyaksikan pawai obor tersebut.

Warga yang menonton terlihat memadati halaman dan jalan di sekitar kantor Bupati Lampung Selatan dan  jalan protokol yang dilalui oleh peserta pawai sampai ke lokasi finishnya pawai tersebut.

Pawai obor yang sudah menjadi budaya tiap tahun menjelang malam 17 agustus tersebut melibatkan ratusan pelajar di Kabupaten Lampung Selatan dengan mengenakan pakaian Pramuka dan juga di ikuti dari berbagai OPD di Lampung Selatan dengan berkostum ala pahlawan nasional seperti Raden Inten dan pejuang kemerdekaan lainnya.

Sebelum dimulainya pawai obor terliha pihak Kepolisian setempat menurunkan puluhan personil dibantu anggota TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dari pantauan acara pawai obor tersebut berjalan kondusif sampai garis finis yang di tentukan. (az/*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kirab Budaya Tahunan Pawai Obor Meriahkan Malam 17 Agustusan Di Kalianda..."

Posting Komentar