Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kabupaten Pringsewu

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kabupaten Pringsewu

Suaralampung.com– Pringsewu; Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tingkat Kabupaten Pringsewu digelar di lapangan pemkab setempat, Sabtu (17/8/19). Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pringsewu H.Sujadi, komandan upacara Kapten Tuparno serta perwira upacara Kapten Maman. Sementara naskah proklamasi dibacakan oleh ketua DPRD Pringsewu Aminallah Adisyanto.

Upacara yang diikuti para pegawai Aparatur Sipil Negara, anggota Polri, prajurit TNI, ormas, pelajar dan mahasiswa, serta berbagai elemen masyarakat lainnya ini, dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom, Akt., C.A., C.M.A., Dandim 0424 Letkol Arhanud Anang Hasto Utomo, Wakapolres Komisaris Pol. Yuliansyah, Plh Kajari Pringsewu Andri Juliansyah, serta Ketua Pengadilan Agama Pringsewu Ridwan Harahap, kemudian Sekdakab Pringsewu Drs.A.Budiman P.M., M.M. beserta para asisten dan staf ahli, juga kepala OPD, anggota DPRD, para legiun veteran, ibu-ibu anggota PKK, Dharma Wanita Persatuan, Ikada, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Adhyaksa Dharma Karini, Dharma Yukti Karini, GOW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, serta tokoh pemuda Kabupaten Pringsewu.

Sebelum berlangsungnya upacara yang mengangkat tema 'SDM Unggul Indonesia Maju' ini,  ditampilkan sejumlah atraksi seni dan budaya, diantaranya Paduan Suara oleh para mahasiswa STMIK Pringsewu, Tari Kolosal oleh para siswa SMPN 4 Pringsewu, Tari Kreasi oleh siswa SMAN Gadingrejo, serta Drumband oleh siswa SMP Xaverius Pringsewu. Kemudian dilanjutkan dengan defile barisan para peserta upacara.

Sedangkan pada Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka (Paskibraka), petugas pembawa baki bendera adalah Irohmawati (pelajar MAN 1 Pringsewu), pembentang bendera Aldi Ferdiyansyah (pelajar SMAN Pagelaran), pengerek bendera Agil Sigit Pratama (pelajar SMAN 1 Pringsewu), serta petugas tengah Farhan Nurohman (pelajar SMA Telkom Lampung).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu didampingi Wabup serta muspida juga menyerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karyasatya dari Presiden Republik Indonesia kepada sejumlah pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Pringsewu. Penghargaan ini diberikan atas dharma bhakti ASN/PNS yang telah bekerja penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara dan Pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin terus menerus, untuk masa Bhakti 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun.

Seusai upacara, Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu dan jajaran Pemkab beserta Muspida melakukan ziarah dan tabur bunga di TMP Purna Yudha Bhakti, Kali Gambang, Keputran, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu. Pada upacara tabur bunga, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Dandim 0424 Letkol Arhanud Anang Hasto Utomo. Sehari sebelumnya, di tempat yang sama, tepat pada pukul 00.00 WIB, Pemkab Pringsewu dan jajaran Muspida Pringsewu juga menggelar malam renungan suci, yang dipimpin Wakil Bupati Pringsewu.

Terkait defile, ada penilaian tersendiri, dimana untuk peserta defile yang terbaik diberikan piala dan hadiah. Sebagai juara defile, untuk kategori 1, juara pertama diraih oleh Badan Satpol Pamongpraja, juara kedua Dinas Perhubungan, dan juara ketiga BPBD. Untuk kategori 2 (Korpri), juara pertama adalah Kompi IV Peleton 1, juara kedua Kompi III Peleton 3, dan juara ketiga Kompi IV Peleton 2. Pada kategori 3 (Umum), juara pertama diraih Banser NU, juara kedua FKPPI, dan juara ketiga diraih PSHT. Sedangkan juara Harapan 1 diraih SMAN Gadingrejo, juara kedua MAN 1 Pringsewu, serta juara ketiga diraih SMKN Gadingrejo.

Sementara itu, selepas ziarah dan tabur bunga, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pemberian tali asih kepada para anggota Legiun Veteran RI Kabupaten Pringsewu bertempat di lobby utama Kantor Bupati Pringsewu.

Sedangkan, pada upacara penurunan bendera, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A.  (bram)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kabupaten Pringsewu"

Posting Komentar