Bupati Pringsewu Panen Raya di Pujodadi Pardasuka

Bupati Pringsewu Panen Raya di Pujodadi Pardasuka

Suaralampung.com– Pardasuka; Bupati Pringsewu H.Sujadi melakukan panen raya padi musim gadu tahun 2019 di Pekon Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Jumat (13/9/19).
Acara panen raya ini juga dihadiri Ir.Kiswanto dari Dinas Pertanian Provinsi Lampung, sejumlah pejabat pemkab, DPRD, muspida, camat dan uspika beserta kapekon dan masyarakat setempat.
Bupati  Pringsewu  H.Sujadi  dalam sambutannya mengaku gembira dengan panen yang dilakukan petani pekon Pujodadi tersebut dan berharap dapat mempertahankan swasembada pangan.
Dikatakan, Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Lampung. "Dengan luas lahan sawah 13.678 ha, Kabupaten Pringsewu mampu menghasilkan produksi padi mencapai 138.000 ton gabah kering giling atau sebanyak 98.431 ton beras. Pringsewu juga memberi surplus beras untuk Lampung 56.428 ton beras," katanya.

Selain itu, kata bupati, produksi benih padi dari 12 kelompok tani mandiri benih saat ini mencapai 1.110 ton benih dari 370 ha luas penangkaran benih, yang selain untuk mencukupi kebutuhan sendiri, juga untuk memenuhi kebutuhan daerah lainnya baik di dalam maupun luar Provinsi Lampung.
"Permasalahan utama pengembangan bidang pertanian di Kabupaten Pringsewu adalah pola tanam yang belum optimal, salah satunya karena keterbatasan air irigasi. Namun demikian, Pemkab Pringsewu telah melakukan upaya antara lain penyediaan sarana pemanfaatan air permukaan, seperti pembangunan embung, sumur bor dan perbaikan pintu air. Selain itu, dengan menggeser jadual tanam yang semula tutup tanam di bulan Januari dan Juli, menjadi November dan Maret, agar saat pertanaman Maret dapat dipanen Juli," tambahnya.

Bupati Pringsewu juga meminta OPD terkait memberikan pendampingan. "Program pertanian tidak akan berhasil manakala tidak diimbangi dengan ketekunan. Kemudian perlunya juga melakukan modernisasi di bidang pertanian untuk hasil yang lebih optimal," ujarnya.
Sujadi juga mengkaitkan bidang pertanian dengan pariwisata, karena kedua bidang inipun dapat dipadukan untuk mendapatkan nilai tambah, sembari mencontohkan Taman Sabin di Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, dimana areal persawahan bisa disulap menjadi sebuah taman rekreasi yang indah. (bram)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Pringsewu Panen Raya di Pujodadi Pardasuka"

Posting Komentar