Gelar Sosialisasi, Bayana Ingatkan Pelajar Terkait Resiko Pernikahan Dini

Iklan

Gelar Sosialisasi, Bayana Ingatkan Pelajar Terkait Resiko Pernikahan Dini

Redaksi
Selasa, September 10, 2019 | 18:01 WIB 0 Views Last Updated 2019-09-10T11:01:23Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan pernikahan dini di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandarlampung, Jalan Gatot Subroto, Pahoman, Selasa (10/9/2019).

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Bayana mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap dapat mencegah terjadinya pernikahan usia muda, khususnya di kalangan pelajar. 

"Saya roadshow tiap ada kesempatan ke sekolah, untuk memberikan pemahaman bahwa pernikahan dini ini berdampak ketika hamil dan bersalin di usia muda, alat reproduksi belum siap, sehingga beresiko tinggi pada kematian ibu dan anak," tutur mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung itu. 

Menurut Bayana, tidak sedikit hal-hal yang merugikan imbas dari pernikahan dini. Selain beresiko putus sekolah (drop out), Bayana menyebut pernikahan dini pada anak sekolah juga berpotensi terjadinya kekerasan pada perempuan dan anak. 

Lanjutnya, peluang kerja terbatas dengan upah murah bakal berdampak pada kurang mampunya dalam pemenuhan kebutuhan. Hal itu juga memicu sering terjadinya pertengkaran dan kekerasan dalam rumah tangga.

"Karena dengan pernikahan dini, tingkat resiko perceraian juga meningkat karena usianya belum matang ada persoalan rumah tangga sedikit saja bisa goyah," katanya. (Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Sosialisasi, Bayana Ingatkan Pelajar Terkait Resiko Pernikahan Dini

Trending Now

Iklan

iklan