Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi Tinjau Langsung Kawasan Geothermal

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi Tinjau Langsung Kawasan Geothermal

Suaralampung.Com.
LAMPUNG BARAT --- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi tinjau langsung kawasan yang direncanakan akan dibangun Geothermal (Energi Panas Bumi) oleh PT. Star Energy, Selasa (24/9/2019).

Salah satu titik pengecekkan yakni di Dusun Kayu Are, Kecamatan Bandar Negeri Suoh.

Peninjauan ini sebagai tindaklanjut dari pertemuan Gubernur Arinal bersama Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan pihak PT. Star Energy di Ruang Kerja Gubernur beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, geothermal ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dimana kawasan ini merupakan kawasan hutan yang dilindungi dan sudah terdaftar sebagai World Heritage Sites (Warisan Dunia) oleh UNESCO.

Namun demikian, menurut Arinal geothermal ini sebagai solusi energi masa depan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang lebih ramah lingkungan. Potensi energi yang dihasilkan sendiri dari pembangunan geothermal ini yakni kurang lebih 495 MW.

"Dimana bahan baku yang mengandung polusi nantinya akan ditertibkan dimana penertibannya sudah dimulai oleh Eropa dan Amerika, tidak menutup kemungkinan nantinya Indonesia akan seperti itu. Untuk itu kita harus mempersiapkan geothermal yang ada di Lampung Barat," ujar Gubernur Arinal.

Terkait permasalahan izin yang harus dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Arinal menyampaikan siap untuk membantu menyelesaikan proses perizinannya.

"Untuk izin dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, insyallah saya akan bantu untuk penyelesaiannya, karena Provinsi Lampung juga butuh bukan hanya Kabupaten Lampung Barat, karena Lampung masih krisis energi," katanya.

Kebutuhan energi ini juga, sambung Arinal nantinya dapat mendukung kawasan sekitar dari jalan tol di Provinsi Lampung.

"Apalagi dengan adanya jalan tol, industri kita akan bangkit yang memerlukan energi, jadi ini merupakan suatu keharusan," ujarnya.

Untuk itu, Arinal mengajak semua pihak terkait untuk bergandengantangan mewujudkan hal tersebut.

"Kita harus kompak didalam menjalankan ini, mari kita bergandengantangan agar energi geothermal bisa tumbuh dari Kabupaten Lampung Barat," ucapnya.

Salah satu warga, Kasman (39) menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Gubernur Arinal di tengah-tengah warga masyarakat.

Gubernur Arinal ini menjadi Gubernur Lampung pertama yang menginjakkan kaki di Dusun tersebut sejak Indonesia merdeka. "Baru pertama kali ada Gubernur yang datang, senang sekali," ujarnya.

Kasman mengaku siap mendukung Gubernur Arinal, terutama dalam pembangunan geothermal. "Tentu mendukung apa yang dilakukan Gubernur Arinal," katanya.(Humas Pemprov Lampung)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi Tinjau Langsung Kawasan Geothermal"

Posting Komentar