Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Mendukung Pelabuhan Panjang Jadi Pionir Digitalisasi

Iklan

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Mendukung Pelabuhan Panjang Jadi Pionir Digitalisasi

Redaksi
Senin, September 09, 2019 | 19:50 WIB 0 Views Last Updated 2019-09-09T12:50:23Z

Suaralampung.Com
BANDARLAMPUNG ---- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mendukung penuh pelabuhan Panjang menjadi pionir digitalisasi pelabuhan di Indonesia, menyusul diresmikannya automatic container terminal "auto gate system", di Terminal Petikemas, Pelabuhan Internasional Panjang, Senin (9/9/2019).

Menurut Wagub, Pemerintah Provinsi Lampung berharap penerapan digitalisasi tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih mudah, cepat, dan murah, serta berdampak langsung terhadap peningkatan perekonomian Lampung.

"Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung Pelindo II Cabang Panjang terkait digitalisasi auto gate system. Hal ini sebagai upaya dalam peningkatan kualitas layanan, produktivitas, dan kinerja yang lebih efektif dan efisien," ujar Wagub Chusnunia Chalim.

Dengan diterapkannya auto gate system ini, Wagub Chusnunia berharap adanya pelayanan yang lebih maksimal dari sebelumnya. Kalau sudah maksimal tentunya akan membawa efek bagi perekonomian Lampung. "System ini juga diharapkan mempermudah dalam pendistribusian komoditi Lampung, yang berhujung pada meningkatnya akan ekspor yang bermuara pada meningkatnya perekonomian Lampung," jelasnya.

Lebih dari itu, dengan semakin maju Pelabuhan Panjang ini, Wagub Chusunia berharap Pelabuhan Panjang menjadi sub regional yang membuat Lampung maju dan terdepan di Pulau Sumatera.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat, Yusmariza, menjelaskan penerapan auto gate system merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan iklim investasi dan usaha yang kondusif dengan memperlancar logistik eksport dan import. 

"Sebagai bentuk dukungan terhadap Auto Gate System, kepala kantor Bea Cukai telah mengeluarkan keputusan terkait uji coba auto gate system. Sekaligus menempatkan pegawai bea cukai pada control room," jelasnya. 

Penerapan Auto gate System, jelas Yusmariza, merupakan bentuk kepercayaan Bea Cukai kepada Pelindo II Cabang Panjang untuk mengelola sendiri pemasukan dan pengeluaran barang ke/dan dari TPS Online tanpa pengawasan langsung.

"Auto Gate System ini bertujuan untuk percepatan pemasukan dan pengeluaran barang, pengurangan biaya, serta meningkatkan akurasi dan Validasi data. Kemudian mendorong pertumbuhan ekspor, percepatan pengiriman, dan meningkatkan perekonomian Provinsi Lampung," jelasnya.

Sementara itu, Dirut Utama Pelindo II Elvyn G. Masassya menjelaskan penerapan auto gate system ini bertujuan agar pelayanan di pelabuhan panjang dapat lebih mudah, cepat, dan murah. Serta meningkatkan pertumbuhan container yang lebih besar yang berdampak langsung terhadap peningkatan perekonomian Lampung. 

"Penerapan Auto Gate System yang dilaksanakan di Terminal Petikemas, juga akan  diterapkan pada Terminal lainnya yang dikelola Pelindo Panjang," jelas Elvyn.

Penerapan Auto Gate System, jelas Elvyn, merupakan program digitalisasi Indonesia untuk menuju pelabuhan dunia "Dalam konteks digitalisasi, kita punya pelabuhan-pelabuhan di luar Priok, pelabuhan panjang ini adalah salah satu pionir untuk digitalisasi. Penerapan digitalisasi ini tidak hanya di terminal, tetapi juga di lapangan, pergudangan, keuangan dan sistem lainnya," jelasnya. (Humas Pemprov)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Mendukung Pelabuhan Panjang Jadi Pionir Digitalisasi

Trending Now

Iklan

iklan