Wakil Bupati Way Kanan Menyerahkan bantuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Iklusi Sosial

Iklan

Wakil Bupati Way Kanan Menyerahkan bantuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Iklusi Sosial

Redaksi
Jumat, Oktober 11, 2019 | 00:17 WIB 0 Views Last Updated 2019-10-10T17:17:53Z

Suaralampung.Com.
Way Kanan - Wakil Bupati  Way Kanan Edward Antony Menyerahkan bantuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Iklusi Sosial dan Perpustakaan Keliling di Balai Kampung Bumi Ratu Kecamatan Blambangan Umpu, pada Kamis (10/10/19).
 
Dikatakan Wakil Bupati  Way Kanan Edward Antony bahwa dirinya menyambut baik pelaksanaan kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis tersebut dan mengucapkan selamat kepada Perpustakaan Kecamatan Blambangan Umpu yang menerima bantuan, 

Dimana dari data yang diperoleh media ini masing-masing yang menerima bantuan tersebut adalah, Kampung Bumi Ratu, Kampung Umpu Bhakti, Kampung Umpu Kencana, dan Perpusatakaan Kampung Bhakti Negara Kecamatan Baradatu, dan Perpustakaan Kampung Kalipapan Kecamatan Negeri Agung, serta Perpustakaan Kampung Ramsai Kecamatan Way Tuba. 

"Kegiatan  ini  menunjukkan  apresiasi  yang  tinggi  dan komitmen yang sungguh-sungguh baik dari Pemerintah Pusat maupun   Pemerintah   Daerah   dalam   upaya   meningkatkan kualitas Perpustakaan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera. 
Berbagai  upaya  untuk  meningkatkan  kecerdasan  masyarakat terus  dilakukan  baik  melalui  pendidikan formal maupun non-formal melalui  pengembangan  perpustakaan  sebagai  sarana belajar sepanjang hayat. Keberadaan  perpustakaan  memiliki  peran  strategis  sebagai pusat  kegiatan  belajar  yang  akan  mengantarkan  masyarakat menjadi bangsa   yang   cerdas  dan  sejahtera.   
Kita semua menyadari bahwa masyarakat  sejahtera  hanya akan terwujud  apabila  masyarakat  kita  hidup  cerdas,  dan untuk  menjadi  cerdas  kita  harus  belajar," Kata Dia.

Lebih lanjut diungkapkanya, bahwa mengajak masyarakat untuk belajar tidaklah mudah untuk era sekarang ini,  karena  "membaca  belum  dirasakan  sebagai  kebutuhan dan  menjadi  budaya"  bagi  sebagian  besar  masyarakat kita.Disisi lain kita dihadapkan pada perkembangan   teknologi informasi dan komunikasi yang begitu  pesat. Media televisi dengan  gencar  menyuguhkan  berbagai  infotainment dengan kemasan yang beragam, di samping akses internet yang terus berkembang  pesat.  Oleh karena itu diperlukan strategi jitu agar masyarakat  mau  memanfaatkan  perpustakaan.  

Selain itu, petugas perpustakaan tidak saja  dituntut  profesional sehingga dapat menjadikan   perpustakaan  sebagai   tempat   yang   menarik untuk   dikunjungi tetapi   juga   harus   "proaktif"   melakukan upaya-upaya agar  masyarakat  tertarik untuk datang dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat  kegiatan belajar, antara  lain  dengan  layanan  ekstensi  melalui  perpustakaan keliling. 

Apa yang dilakukan oleh Perpustakaan  Nasional  RI dan Pemerintah Daerah Way Kanan tentu masih  jauh dari cukup jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang tersebar diseluruh Kabupaten Way Kanan, terlebih dengan dinamika yang terus  berkembang dan pesatnya perkembangan IPTEK dewasa ini. Oleh  karena  itu Perpusatakaan Kampung agar dapat meneruskan program pengembangan perpustakaan sebagai sarana mencerdaskan   masyarakat dengan mengupayakan sumber dana dan SDM yang ada. 

"Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan siap mendukung, bekerjasama, berkolaborasi dan  mewujudkan sinergi untuk melakukan upaya peningkatan kualitas SDM melalui pengembangan  perpustakaan dan  peningkatan  kegemaran membaca," Kata Dia.

"Khususnya Kampung yang menerima bantuan hari ini, saya harapkan dapat memanfaatkan sesuai   peruntukan  yaitu    layanan perpustakaan  dan  terus  dikembangkan koleksinya sesuai kebutuhan  masyarakat  setempat, guna menambah pengetahuan,  wawasan, kecerdasan dan kemampuan/kualitas hidupnya," Pesan Wakil Bupati.

Wartawan : Tayib/ Rijal.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Bupati Way Kanan Menyerahkan bantuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Iklusi Sosial

Trending Now

Iklan

iklan