Bupati Tanggamus Terima DIPA APBN 2020 dari Gubernur Lampung

Iklan

Bupati Tanggamus Terima DIPA APBN 2020 dari Gubernur Lampung

Redaksi
Kamis, November 21, 2019 | 20:32 WIB 0 Views Last Updated 2019-11-21T13:33:56Z

Tanggamus Suaralampung.com   Bandar lampung -- Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri acara Penyerahan DIPA Kementerian/Lembaga dan Daftar Alokasi Transfer Daerah dan Dana Desa 2020 yang digelar Kanwil Ditjen Perbendaharaan Lampung di Hotel Novotel Lampung, Kamis (21/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Pimpinan Istansi Vertikal Provinsi Lampung, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Lampung, serta Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Presiden telah melakukan transfer anggaran kepada Gubernur se-Indonesia pada tanggal 14 November 2019. 

"Gubernur selaku Wakil Pemerintah untuk menyerahkan DIPA APBN kepada seluruh Satuan Kerja, Instansi Vertikal di Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Dimana alokasi DIPA Provinsi Lampung untuk APBN Tahun 2020 sebesar Rp 10.762 Triliun, mengalami peningkatan 7.92% dari APBN awal Tahun 2019 yaitu sebesar Rp 9.971 Triliun," kata Gubernur.

Sementara dukungan alokasi dari APBN Provinsi Lampung Tahun 2020 ditetapkan sebesar Rp 7.7 Triliun, sehingga kapasitas fiskal di Provinsi Lampung dari APBN dan APBD sebesar Rp 18.45 Triliun.

"Belum termasuk APBD Kabupaten/kota dengan total alokasi diperkirakan sebesar Rp 24.77 Triliun, sehingga total kekuatan fiskal Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2020 termasuk Kabupaten/Kota sebesar Rp 43.23 Triliun dengan peningkatan sebesar 4.19% dari Tahun 2019 yang sebesar Rp 41.52 Triliun," terangnya.

Gubernur Arinal melanjutkan Pemerintah Pusat telah menetapkan 5 prioritas kerja Tahun 2019-2024, yang salah satunya yaitu APBN dan APBD fokus dan tepat sasaran. 

"Selanjutnya, melalui Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020 dengan tema 'Peningkatan SDM Untuk Pertumbuhan Berkualitas' telah meletakkan lima prioritas pembangunan yaitu ; pertama Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, kedua Infrastruktur dan pemerataan wilayah, prioritas ketiga yaitu peningkatan nilai tambah sektor riil industralisasi dan kesempatan kerja. Kemudian prioritas keempat yaitu ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup serta prioritas kelima yaitu stabilitas pertahanan dan keamanan."

"Karena itu untuk mencapai hal tersebut diperlukan berbagai upaya untuk terus membangun sinergi antara program Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota," tandas Gubernur.

Selanjutnya dilakukan Penyerahan DIPA kepada Bupati/Walikota se Provinsi Lampung. 

Turut mendampingi Bupati Tanggamus, Kepala Bapelitbang Hendra Wijaya dan Kepala Dinas PUPR Riswanda Djunaidi.(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/AZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Tanggamus Terima DIPA APBN 2020 dari Gubernur Lampung

Trending Now

Iklan

iklan