Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menghadiri Kegiatan Khataman Seni Qasidah Al-Amin di Kampung Tanjung Bulan

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menghadiri Kegiatan Khataman Seni Qasidah Al-Amin di Kampung Tanjung Bulan


Suaralampung.Com.
Way Kanan - Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menghadiri Kegiatan Khataman Seni Qasidah Al-Amin di Kampung Tanjung Bulan Kecamatan Kasui pada Minggu, (08 Desember 2019).

Dari pantauan media ini ada beberapa Acara Tambahan yang di gelar pihak panitia diantaranya adalah, penyerahan sertifikat tamat kasidah al amin, Penyerahan Bantuan Berupa Dana dan Jilbab kepada Group Qasidah.

Dalam Sambutannya  Bupati Raden Adipati Surya mengatakan, "Atas nama pribadi dan Pemerintah saya mengucapkan selamat kepada para Siswa/santri Khataman Seni Qasidah Al-Amin. Mudah-mudahan setelah khataman akan memberikan manfaat bagi kemajuan umat khususnya di Kabupaten Way Kanan," Kata Dia. 

Masih Kata Bupati, Dalam perkembangannya selama ini seni qasidah biasa dipergunakan pada acara Marhaban, peringatan hari besar Islam (PHBI), acara pesta pernikahan dan  lainnya. Namun, keberadaan seni qosidah lama-kelamaan mulai tergerus dengan musik-musik masa kini bahkan mereka lebih gencar promosinya dengan seringnya mengadakan audisi seperti: Indonesia IDOL, KDI, D'Academy dan lain-lain. 

"Hari ini kita saksikan bersama khataman Seni Qasidah dan kita patut berbangga dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini masih banyak masyarakat kita yang mencintai seni qasidah," Paparnya.

"Saat ini sebagian generasi muda kita lebih tertarik dengan budaya luar, yang terkadang tidak sesuai dengan adat istiadat dan budaya kita yang merupakan ancaman bagi kaum muda, seperti makin maraknya minuman keras, penggunaan Narkoba, kekerasan dan kejahatan seksual,  rendahnya rasa hormat terhadap orang tua, dan berbagai dampak situasi lainnya yang mengancam generasi muda kita," Ujar orang nomor satu di way kanan tersebut.

Dalam islam diajarkan bagaimana menjadi muslim yang baik, bukan hanya melaksanakan sholat lima waktu, puasa dan zakat saja. Namun ada satu hal yang banyak dilupakan oleh orang-orang kalau seorang muslim yang baik adalah manusia yang mempunyai akhlak yang mulia yang bisa didapat dari pendidikan formal maupun belajar diluar sekolah seperti mempelajari Seni Qasidah.  
 
 Akhlak sangat penting bagi setiap umat muslim dalam membentengi kaidahnya dalam Islam, karena jika seorang muslim membentengi dirinya dengan akhlak yang mulia maka sama saja ia menjaga dan membentengi akidahnya dari hal-hal buruk yang masuk kepada dirinya.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan pun selain melaksanakan berbagai program–program pembangunan sesuai dengan visi dan misi juga sangat menaruh perhatian terhadap pembangunan pada sektor keagamaan sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah atau akhlak mulia, berupa memberikan insentif pada guru ngaji, melaksanakan MTQ baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. 
Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan "Way Kanan Mengaji" terutama untuk siswa sekolah menengah.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa dalam mewujudkan visi dan misi Way Kanan Maju dan Bardaya Saing yang telah kita laksanakan selama ini,  memiliki arti penting bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Way Kanan.

Baik itu pembangunan dibidang infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, UMKM dan sebagainya.  Atas keberhasilan kita dalam melaksanakan pembangunan pada tahun 2018 lebih dari 23 penghargaan yang kita raih. Pada tahun 2019 ini kembali beberapa program unggulan yang kita laksanakan yang juga meraih sejumlah penghargaan, diantaranya:

1. Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu.

4. Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan telah diapresiasi dengan penghargaan Adipura Katagori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.

5. Berhasil menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesiafra pada 22 Maret 2019

6. Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai menggeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.
7. Menerima WTP untuk ke-9 kalinya.

8. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama  yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu.

9. Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Way Kanan, bertempat di auditorium Swabessy  gedung  Prof Sujudi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, tanggal 2 Okteber 2019.

10. Penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2019 untuk Kabupaten Way Kanan dengan nilai tertinggi dari seluruh Kabupaten/kota seluruh Indonesia, diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, tanggal 19 November 2019 kemarin, bertempat di Gedung Sasana Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.  
Wartawan : Tayib/Rijal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menghadiri Kegiatan Khataman Seni Qasidah Al-Amin di Kampung Tanjung Bulan"

Posting Komentar