Dendi Berikan Sambutan nya Saat Hadiri Pengukuhan Batin Perwira Kusuma.

Iklan

Dendi Berikan Sambutan nya Saat Hadiri Pengukuhan Batin Perwira Kusuma.

Redaksi
Sabtu, Desember 07, 2019 | 18:37 WIB 0 Views Last Updated 2019-12-07T11:37:49Z



 Pengukuhan Batin Perwira Kusuma.



Suaralampung.Com
Pesawaran - Pengukuhan batin perwira kusuma, bupati pesawaran H.Dendi Rhamadona, ST. hadiri pelaksanaan acara berlangsung bertepatan di lamban balak, Desa tempel rejo, kecamatan kedondong, kabupaten Pesawaran. Sabtu, (7/12/2019).

Acar berlangsung tepat pukul 09.00 WIB s/d selesai, tak luput dalam pelaksanan acara di hadir Wakil Bupati Pesawaran, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Jajaran FORKOPIMDA Kabupaten Pesawaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutan nya pertama kali Dendi Ucapkan.
"Sai sikindua muliakan, Cintai serta sikindua Banggakan Para Punyimbang Adat, Tuha Raja, Tuha Batin, Punyimbang Suku, serta Para Muakhi Seunyinne sai berbahagia"

"Mengawali sambutan sinji perkenankanlah sikindua ngajak seunyinne untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Kham dapok jejama menghadiri acara Pengukuhan Batin Perwira Kusuma, dalam suasana penuh kemuakhian dengan tujuan mulia untuk memelihara, melestarikan dan mengembangkan budaya dan adat Lampung" Ungkapnya

Lanjut nya Ia mengungkapkan.
"Mak lupa munih kham panjatko solawat sekhta salam kehadirat nabi besar Muhammad SAW sai kham nanti–nanti ko safa'atni di yaumul kiamah, aamiin yarobbal 'alamin, Maaf sebelumnya jama kuti khompok seunyinne, Punyimbang Adat, Tuha Khaja, Tuha Batin, hadirin para Undangan, sikindua haga menyampaikon cutik ungkapan Kemuakhian Kham seunyinne sebagai berikut" katanya


Dalam sesi berikut nya ia mengucapakan.
"Bahwa kham seunyinne patut bersyukur di khani sai sangat istimewa sinji, sisipa kham dapok bersilaturrahim dan bertatap muka jama para tokoh Masyarakat Adat lampung. Di kesempatan sai helau sinji sikindua munih ngucapkon selamat jama perwira batin kusuma sai ampai dikukuhkon dikhani sinji"


"Hadirin si sikindua hormati,
Sebagaimana kita ketahui, bahwa negara ini memiliki kekayaan adat istiadat dan budaya yang luar biasa. Kebudayaan bangsa kita, menjadi muara, perpaduan dari tiga kebudayaan besar dunia, yaitu Kebudayaan Timur, Kebudayaan Islam, dan Kebudayaan Barat, Perpaduan dari tiga budaya besar dunia itu, telah mewariskan identitas yang sarat dengan tata nilai, sistem sosial, serta seni dan budaya yang khas dan kaya ragam"

"Identitas bangsa yang membanggakan itu, harus terus kita bina dan kita tumbuh kembangkan sebagai potensi dan modal sosial, untuk menjadi bangsa yang maju, terhormat, dan bermartabat.
Keragaman suku bangsa dengan tradisi dan budayanya yang khas dan unik, harus kita jadikan sebagai pilar-pilar keunggulan dan budaya positif warisan nenek moyang kita, merupakan kearifan lokal yang harus kita apresiasikan, kita pelihara dan kita sumbangkan bagi peradaban dunia" paparnya


Pengembangan tradisi dan budaya bangsa, juga sangat penting untuk memperkokoh perisai budaya, di tengah budaya global yang makin mengemuka sekarang ini. Kita harus dapat memilah dan memilih budaya yang tepat dan sesuai pula dengan karakter dan jati diri bangsa kita.


Ia mengatakan lagi.
"Saudara-saudara sekalian,
Masyarakat Pesawaran juga memiliki ragam budaya yang khas dan unik, mulai dari adat istiadat, bahasa dan sastra, tradisi, kesenian, arsitektur tradisional, hingga makanan tradisional. Tradisi budaya Kham Lampung juga sarat dengan pengetahuan dan pesan-pesan filosofis sai dapok kham jejama terapko dilom Ngebangun karakter bangsa"


"Budaya kham lampung, saya menilai juga memiliki basis budaya yang kuat, merupakan sumber ekonomi wisata yang dapat dikembangkan, termasuk wisata sejarah, serta memiliki potensi ekonomi kreatif dengan memadukan antara kreativitas seni, dengan teknologi. Oleh karena itu, dalam acara ini kham nilai penting sebagai wahana untuk memelihara, melestarikan dan mengembangkan budaya Lampung masa kini dan masa depan"


Ia Mengulangi lagi dalam sambutan nya, mengucapkan.
"Sekali lagi sikham mengajak para Tokoh Adat, Tokoh Agama dan segenap masyarakat Lampung untuk menjadikan acara ini sebagi sarana untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan Lampung. Kita tidak boleh membiarkan budaya Lampung yang kita banggakan ini tergerus oleh budaya global"

"Kita harus tetap memiliki identitas dan jati diri, baik sebagai warga masyarakat Lampung maupun sebagai warga negara Indonesia yang dikenal dunia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika"

"Sikindua mengajak seunyinne masyarakat Pesawaran untuk tetap menjaga serta memegang teguh tradisi budaya yang sekaligus menjadi ujung tombak dalam pelestarian kebudayaan Lampung"

"Penyimbang Adat, Tuha Khaja, Tuha Batin, si sikindua muliakan,
Sampai disini sikindua sampaiko sambutan sinji, kantu wat salah cawa atau salah cakha sikindua kilu maaf anjak lubuk hati sai paling delom jama kuti seunyine penyimbang adat sai wat di delom acara sinji, sebab sikindua mak kung begitu lancar bebalah Bahasa Lampung, dan Sekali lagi sikindua ngucapkon tekhima kasih se balak-balakne atas segala perhatian dan penghargaanne, semoga Allah SWT, senantiasa memberikan rahmat perlindungan-Nya kepada kita sekalian, aamiin" Pungkasnya
(Ryal).


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dendi Berikan Sambutan nya Saat Hadiri Pengukuhan Batin Perwira Kusuma.

Trending Now

Iklan

iklan