Gelar Musyawarah Daerah III, Dendi Berikan Sambutannya Dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pesawaran.

Iklan

Gelar Musyawarah Daerah III, Dendi Berikan Sambutannya Dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pesawaran.

Redaksi
Kamis, Desember 26, 2019 | 13:03 WIB 0 Views Last Updated 2019-12-26T06:04:10Z

Suaralampung.Com
Pesawaran - Pamerintah daerah kabupaten pesawaran
hadiri acara Musyawarah Daerah III Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), pelaksanan Musda berlangsung bertepatan Aula kantor kemeneg kabupaten pesawaran. Kamis, (26/12/2019).

Dalam pelaksanan musyawarah Daerah (MUSDA) di hadiri pejabat penting kabupaten pesawaran, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Jajaran Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Dilingkun Pemkab. Pesawaran, Kepala Kantor Kemenag Kab. Pesawaran, Ketua MUI Kab. Pesawaran, Para Camat se-Kabupaten Pesawaran, KEtua dan Pengurus FKUB Kab. Pesawaran, Para Ketua Ormas dan LSM se-Kabupaten Pesawaran, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan se-Kabupaten Pesawaran, dan Tamu Undangan lainnya.

Bupati pesawaran, H. Dendi Rhamadona, ST, berikan sambutan dalam pelaksanan musda III, Ia mengucapkan.

"Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah dan senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya pada kita semua,  pada hari ini kita untuk bersama-sama menghadiri acara Musyawarah Daerah III Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pesawaran" ungkapnya

Ia melanjutkan lagi dalam sambutan nya mengatakan.
"Dalam keadaan sehat wal'afiat.
Shalawat teriring salam marilah kita haturkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam jahiliyah kepada alam yang terang benderang ini, dan mudah-mudahan kelak di yaumil akhir kita menjadi umatnya yang terpilih yang akan mendapat syafa'at–Nya, Aamiin"

"Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengajak kepada segenap peserta musda untuk merenungkan kembali pokok-pokok keputusan yang dihasilkan melalui musyawarah daerah ini, utamanya pada kesungguhan FKUB untuk mengintensifkan konsolidasi organisasi dan program-program nyata untuk kepentingan rakyat, Musda ini tidak lain merupakan sarana untuk menyukseskan keputusan lembaga, mengingat dalam musda diagendakan tiga hal mendasar"

Ia mengulangi dalam pesan nya mengungkapkan.
"Yakni laporan pertanggung jawaban kepengurusan lama, penyusunan program organisasi untuk lima tahun kedepan dan pemilihan pengurus.
Dalam pemilihan pengurus nanti, hendaknya tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan, hindari ketidak harmonisan antar kader, yang terpilih agar tetap mengakomodir yang belum berhasil dan yang belum berhasil harus secara satria memberikan dukungan kepada yang mendapat kepercayaan, jika kondisi ini dapat terbangun, maka program-program yang telah diamanatkan oleh lembaga akan dapat terlaksana dengan baik dan secara otomatis FKUB akan mampu menyelesaikan tugas-tugas organisasi secara cepat dan tepat sasaran" pesannya


Terkait dengan Reorganisasi Pengurus FKUB di Kabupaten Pesawaran, saya mengharapkan FKUB meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, sehingga mampu mengembangkan tujuan membina kerukunan antar umat beragama dengan prinsip sepakat dalam perbedaan.

Hadirin yang saya hormati,
"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Pesawaran sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki keberagaman dinamika kehidupan yang meliputi keberagaman agama, suku bangsa, bahasa dan budaya. Kemajemukan tersebut pada prinsipnya merupakan suatu potensi kekayaan yang patut kita syukuri bersama. Namun demikian, potensi tersebut juga bisa berubah menjadi sebuah kerawanan dan menjadi faktor pemicu munculnya konflik sosial manakala tidak kita jaga dan kelola dengan baik. Di sinilah peran tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat dibutuhkan karena di tengah-tengah kehidupan masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat dihargai dan mampu mendorong anggota masyarakat untuk berbuat baik Selaras"

Hal tersebut, maka kebijakan Pemerintah dalam mengatur kehidupan beragama antara lain diarahkan pada terwujudnya tatanan kehidupan beragama yang harmonis dalam rangka terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan saling menghormati.

Ia mengucapkan
"Alhamdulillah, sampai saat ini di Kabupaten Pesawaran tingkat kerukunan umat beragama masih tinggi. Meski demikian, kewaspadaan terhadap potensi munculnya gesekan sosial maupun konflik keagamaan harus terus kita bangun,
dalam upaya tersebut, maka penyatuan persepsi atau pemahaman dari seluruh komponen masyarakat menjadi satu hal yang sangat penting. Untuk itulah, salah satu pendekatan melalui sosialisasi kerukunan antar umat beragama yang kita laksanakan bersama kali ini merupakan satu langkah yang sangat efektif"


"Dalam setiap kejadian, misalnya konflik sosial, agama seringkali dijadikan sebagai pemicunya. Hal ini jangan sampai terjadi di Kabupaten Pesawaran. Karenanya, forum ini, diharapkan bisa menjadi sarana saling bertukar pikiran dan sarana memberikan masukan yang positif terhadap penyelenggaraan kehidupan beragama di Kabupaten Pesawaran. 
Tentunya  Pemerintah, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat serta unsur-unsur organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Pesawaran agar benar-benar dioptimalkan sebagai satu wadah guna membahas berbagai isu maupun dinamika kehidupan beragama di Pesawaran"

"Manfaatkan pula kebersamaan yang terbina melalui forum ini guna memperkokoh persaudaraan umat beragama di Pesawaran yang selama ini telah terbina dengan baik.
Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran menyampaikan ungkapan terima kasih dan selamat bermusyawarah kepada seluruh komponen Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pesawaran"

Saya berharap, "pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) FKUB kali ini, dapat merumuskan langkah strategis bagi kemajuan umat serta pembangunan daerah khususnya Kabupaten Pesawaran yang tercinta ini, Selain itu juga dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah FKUB ini, diharapkan dapat mewujudkan cita-cita bersama sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, yakni mewujudkan kesejahteraan rakyat. "Mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah tanggungjawab kita bersama, termasuk FKUB. Dan untuk mewujudkan hal itu, perlu dibangun hubungan relasi yang positif serta tatanan kehidupan beragama yang rukun  dan damai" Pungkasnya
(Tim)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Musyawarah Daerah III, Dendi Berikan Sambutannya Dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pesawaran.

Trending Now

Iklan

iklan