Kemendes Gelar Posyantekdes Di Kecamatan Matarambaru

Iklan

Kemendes Gelar Posyantekdes Di Kecamatan Matarambaru

Redaksi
Jumat, Desember 20, 2019 | 16:42 WIB 0 Views Last Updated 2019-12-20T09:42:43Z

Suaralampung.com - Matarambaru -. Sebanyak 50 orang sebagai perwakilan dari tujuh desa di Kecamatan Matarambaru,Jum"at (20/12/19) mengikuti pelatihan Pos Pelayanan Teknologi Antar Desa ( Posyantek Antardesa) dan Pos Pelayanan Teknologi Desa ( Posyantekdes). 

Ismail Ali Camat Mataram Baru  mengatakan yang melatar belakangi digelarnya Posyantekdes ini, pertama sebagai upaya pemerataan dan pembangunan masyarakat untuk mencapai mutu kehidupan yang adil dan sejahtera. Kedua dalam konteks pemberdayaan masyarakat merupakan pemicu pertumbuhan yang optimal untuk mewujudkan usaha masyarakat sehingga mengefisienkan biaya produksi serta memperbaiki proses produksi dan meningkatkan kapasitas nilai tambah produk. Selanjutnya alih teknologi yakni upaya memasyarakatkan TTG dari pemilik/ pencipta Teknologi Tepat Guna ( TTG ) kepada pengguna atau masyarakat bertujuan untuk mendorong pengetahuan.ketrampilan serta kemampuan masyarakat sebagai upaya mendorong pola pikir aktif dan rasional dalam mengeksplorasi Sumber Daya Alam.

Sementara maksud dan tujuan Posyantek Antardesa dan Posyantekdes guna mempercepat pemanfataan TTG oleh masyarakat. Menjembatani masyarakat pengguna TTG dengan sumber TTG serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh layanan teknis dan layanan informasi tentang promosi TTG maupun orientasi TTG. Selanjutnya meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam rangka pemanfataan TTG. 

Sedangkan dasar status dan kedudukan Posyantek berdasarkan,pertama Permendagri No.20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui TTG. Kedua Permendes No.23 tahun 2017 tentang pengembangan dan penerapan TTG dalam pengelolaan SDA. Ketiga Perbub Lampung Timur No. 21 tahun 2016 tentang pengembangan dan pemanfataan TTG bagi masyarakat desa. Posyantekdes sendiri sebagai lembaga swadaya masyarakat dan berkedudukan di kecamatan.

Selanjutnya pengendalian dan pelaporan kepengurusan Posyantek mempertanggungjawabkan kegiatan kepada Camat " terang Ismail.

Berita wartawan suaralampung.com
(Raja/Supriyono)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendes Gelar Posyantekdes Di Kecamatan Matarambaru

Trending Now

Iklan

iklan