Persoalan Pilkakam di Kampung Gunungtapa dan Kampung Sungai Nibung Akan Dilaporkan Ke Bupati

Iklan

Persoalan Pilkakam di Kampung Gunungtapa dan Kampung Sungai Nibung Akan Dilaporkan Ke Bupati

Senin, Desember 23, 2019 | 13:00 WIB 0 Views Last Updated 2019-12-29T06:00:31Z



Suaralampung.Com
Tulang Bawang - Warga Kampung Sungai Nibung, Kecamatan Dente Teladas dan Kampung Gunungtapa, Kecamatan Gedungmeneng, Tulangbawang menggelar unjuk rasa di kantor DPRD dan Pemkab Tulangbawang. Para warga ini, menuntut pelaksanaan pemilihan kepala kampung (Pilkakam) diulang, karena diduga Pilkakam didua kampung tersebut banyak kecurangan. Senin 23/12

Diorasinya, warga mengancam jika Bupati Tulangbawang melantik kepala kampung terpilih yang dinilai curang, mereka akan melakukan upaya hukum dan gugatan.

Orasi yang dilakukan hingga sore tersebut diawali dengan melakukan aksi di depan Kantor DPRD Tulangbawang bersama sekitar 100 warga Kampung Sungai Nibung dan Gunungtapa, dimana keduanya meminta pihak DPRD untuk mengusut tuntas laporan warga dan dilakukan pemilihan kepala kampung ulang didua kampung tersebut."Kami minta agar Pemkab dan DPRD dapat melakukan tindakan tegas atas hal ini. Kami minta untuk dapat melakukan pemilihan ulang," ujar Eliatoni (kordinator aksi)

Warga dua kampung itu menilai proses penyelenggaraan Pilkakam setempat mulai dari proses tahapan penyelengaraan, penghitungan suara tidak akurat dan akuntabel."Warga Kampung Sungai Nibung menyatakan sesuai dengan bukti yakni melihat, mendengar, mengetahui, mengalami, menyaksikan, dan mengamati dengan teliti serta secara seksama, mengungkapkan Pilkakam penuh kecurangan," katanya.

Dia mengatakan penduduk Kampung Sungai Nibung telah ditetapkan dalam daftar DPT berjumlah 10.170. Akan tetapi warga yang hadir dan mengunakan hak pilih hanya 6.040 orang, akibat tidak diberikan surat undangan pemungutan suara secara merata kepada para pemilih yang terdaftar di DPT.

Unjuk rasa warga dua kampung tersebut diterima oleh anggota DPRD Tulangbawang dari Fraksi Partai Golkar Nirwansyah Abib, Faksi PDIP Edi Saputra, Fraksi Partai Demokrat Hamdi. Sementara unjuk rasa warga di lingkungan kantor Pemkab Tulangbawang ditemui Kepala Dinas Kesbangpol Hamami Ria dan Kabag Tapem Taupik.

Anggota DPRD Fraksi Golkar Nirwansyah Abib menyambut baik kedatangan masyarakat Kampung Sungai Nibung dan Gunungtapa yang menyampaikan aspirasi dengan tertib kepada legislator.”Masyarakat tidak salah. Inilah tempat untuk menyapaikan aspirasi kepada pemerintah, karena DPRD ini adalah wakil rakyat di parlemen. Untuk itu, kami akan memangil bupati dan menyampaikan persoalan Pilkakam ini," Ujarnya dia

Kabag Tapem Pemkab Tulang Bawang, Taupik mengatakan akan menelusuri persoalan Pilkakam di Kampung Gunungtapa dan Kampung Sungai Nibung.”Kami akan panggil panitia dan semua unsur yang telibat dalam Pilkakam Kampung Sungai Nibung dan Kampung Gunungtapa. Persoalan ini akan kami sampaikan kepada ibu bupati,” Ucapnya (Jon)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persoalan Pilkakam di Kampung Gunungtapa dan Kampung Sungai Nibung Akan Dilaporkan Ke Bupati

Trending Now

Iklan

iklan