Brigade Infanteri 4 MARINIR/BS Gelar Nobar Film Mengenang Pertempuran Laut Arafuru

Iklan

Brigade Infanteri 4 MARINIR/BS Gelar Nobar Film Mengenang Pertempuran Laut Arafuru

Redaksi
Kamis, Januari 16, 2020 | 21:26 WIB 0 Views Last Updated 2020-01-16T14:26:57Z

Suaralampung.Com.
Pesawaran - Brigade Infanteri 4 Marinir/BS (Brigif 4 Mar/BS) peringati Hari Dharma Samudera Tahun 2020,dan menggelar nonton bareng pemutaran film dokumenter mengenang Pertempuran Laut Arafuru. Kegiatan peringatan ini dilaksanakan di seluruh satuan di jajaran Brigif 4 Mar/BS yaitu Yonif 7 Mar di Ketapang Pesawaran, Yonif 8 Mar di Pangkalan Brandan, Yonif 9 Mar di Batu Menyan Pesawaran dan Yonif 10 Mar di Batam dalam waktu yang bersamaan, Rabu (15/01/2020).

Acara pemutaran film ini dipimpin langsung oleh Danbrigif 4 Mar/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar yang pada kesempatan tersebut hadir langsung di Yonif 9 Mar bersama Pasintel dan Pasops Brigif 4 Mar/BS, sedangkan Wadan Brigif 4 Mar/BS didampingi Paspers Brigif 4 Mar/BS berada di Yonif 7 Mar diikuti seluruh perwira dan prajurit Brigif 4 Mar/BS.

Pada awal acara, dilaksanakan pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) sebelum pemutaran film dokumenter. Pada amanatnya, Kasal menyampaikan, bahwa acara mengenang pertempuran Laut Arafuru ini, memiliki dua tujuan yaitu yang pertama acara ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Pahlawan Pertempuran Laut Arafuru dan pertempuran laut lainnya, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

" Teriakan lantang dan gagah  berani yang  di sampaikan  oleh Komodor Yos Sudarso  adalah merupakan bukti nyata kegigihan para prajurit TNI AL dalam membela keutuhan NKRI dan semangat pantang menyerah, sejarah membuktikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya," Ungkapnya Dalam kesempatan tersebut.

Dilanjutkannya Kedua yang tidak kalah pentingnya adalah, mewariskan nilai-nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas kekinian. Kenyataan telah memperlihatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter nasionalnya yang mampu menyaring nilai-nilai global untuk kepentingan nasionalnya.

"Salah satu upaya pewarisan nilai-nilai luhur adalah dengan memelihara dan mempertahankan tradisi yang sudah kita miliki selama ini. Tradisi memberi jiwa dan roh bagi lingkungannya untuk terus menjaga nilai yang diwariskan para pendahulunya dalam mencapai tujuan bersama. Melalui tradisi, nilai-nilai luhur tetap terjaga walaupun selalu diterpa oleh berbagai gelombang perubahan zaman," Ujarnya.

Masih Kata Dia "Oleh karenanya tidak berlebihan, apabila dalam kesempatan ini saya akan meluncurkan buku "Tradisi TNI Angkatan Laut" sebagai bagian dari upaya pewarisan nilai-nilai luhur yang telah berkembang di lingkungan angkatan laut," Paparnya.

Acara tersebut diselenggarakan secara khidmat dengan  juga menyanyikan Lagu Gugur Bunga oleh semua prajurit Brigif 4 Mar/BS.

Wartawqn : Edy/Rosi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Brigade Infanteri 4 MARINIR/BS Gelar Nobar Film Mengenang Pertempuran Laut Arafuru

Trending Now

Iklan

iklan