Pamerintah Daerah kabupaten Pesawaran Gelar Acara Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tahun 2020.

Iklan

Pamerintah Daerah kabupaten Pesawaran Gelar Acara Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tahun 2020.

Redaksi
Rabu, Januari 15, 2020 | 12:36 WIB 0 Views Last Updated 2020-01-15T05:42:19Z

Suaralampung.Com
Pesawaran – Polres Pesawaran ikuti apel siaga siaga bencana yang bergelar peralatan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2020, pelaksanan acara apel siaga di laksanakan langsung bertepatan di lapangan Kantor Bupati Pesawaran. Rabu. (15/1/2020).

Apel siaga bencana kali ini di laksankan langsung bertepatan pukul Pukul 07.30 Wib, yang dipimpin langsung oleh Bupati Pesawaran H. Dendi Romadhona,  Dan di hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Ir. Kesuma Dewangsa MM,  Drs Zena Adhi Witarta MH ( Kepala BPBD Provinsi Lampung ), Letkol ( Mar ) James Monte, ( Danyon 9 Marinir ) Mayor Inf Suprapto (Piabung Pesawaran), Kompol Handak Prakasa Qalbi, S.T., M.H. ( Wakapolres Pesawaran ), Mayor Prastiyo ( Danden POMAL Lampung ), Kapten Inf Agus Masgus ( Danramil 01 Kedondong ), AKP Elvis ( Kasat Sabara Polres Pesawaran ), Letnan Satu Inf Oyong Liza ( Danki A Gedong Tataan / TWEJ ), Para Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat se-kabupaten Pesawaran.

Bupati pesawaran H. Dendi Romadhona, sampaikan amanat nya mengatakan.
"Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2020" ungkapnya

Ia melanjutkan lagi mengatakan.
"Apel Siaga merupakan suatu moment penting yang harus di laksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan dan untuk semua itu guna menghadapi bencana dalam hal ini mengingat bahwa Wilayah Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, dimana secara geografis Wilayah Kabupaten Pesawaran terdiri dari daerah Pesisir pulau dan pantai, Daerah Pegunungan, Daerah Hutan dan daerah yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak, yang kesemuanya dapat menjadi potensi ancaman terjadinya bencana di Kabupaten Pesawaran" paparnya

Apel siaga bencana diperlukan untuk melihat kesiapan untuk semua dalam rangka mengantisipasi bencana baik secara personil maupun ketersediaan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang ada. 

Hal ini mengingat tanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya terletak pada pemerintah tapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat dan semua sektor kehidupan termasuk dunia usaha.

Paradigma Penanggulangan Bencana saat ini harus mengedepankan upaya prepentif atau Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari pada upaya persepektif responsive arau penanganan darurat, Paradigm prepentif ini harus menjadi cara pikir dan cara tindak kita dalam upaya penanggulangan bencana sehingga dapat meminimalisir korban yang timbul akibat bencana. 

Dalam hal ini sesuai dengan tema Apel Siaga Bencana Kita Pada Tahun 2020 ini yaitu "Siaga Bencana dimulai Dari Diri Kita, Keluarga dan Komunitas Dengan Hastag"

Penanggulangan bencana sangat tergantung dari pola perilaku, yaitu perilaku yang harmoni dengan alam dan perilaku yang aman bencana (safety culture) dan untuk itu perlu revolusi mental merubah perilaku untuk menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan, organisasi, masyarakat, komunitas, keluarga dan individu agar mampu menanggapi situasi bencana secara cepat dan tepat.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pesawaran mencacat kejadian bencana selama 3 (tiga) tahun terakhir diantaranya, Tahun 2017 sebanyak 68 Kejadian, Tahun 2018 sebanyak 64 Kejadian dan Tahun 2019 sebanyak 50 Kejadian. Ini menunjukkan bahwa frekuensi bencana di Kabupaten Pesawaran selama tiga tahun terakhir.

Adapun Peserta Apel Siaga Bencana (ASB) Kabupaten Pesawaran yang bergelar Peralatan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2020 diantaranya, 1 Sst Tni Ad, 1 Sst Tni Al, 1 Sst Marinir, 1 Sst Sabara Polres Pesawaran , 1 Sst Babinkamtibmas, 1 Reskrim Polres Pesawaran, 1 Intel Polres Pesawaran, 1 Sst Basarnas, 1 Sst Bpbd, 1 Sst Pol Pp, 1 Sst Damkar, 1 Sst Dishub, 1 Sst Kesehatan, 1 Sst Pramuka, 1 Sst Ormas Bela Negara.(Ryal).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pamerintah Daerah kabupaten Pesawaran Gelar Acara Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tahun 2020.

Trending Now

Iklan

iklan