Ratusan Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Yang digelar di Stasiun Gedung Ratu Natar

Iklan

Ratusan Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Yang digelar di Stasiun Gedung Ratu Natar

Redaksi
Jumat, Februari 28, 2020 | 17:29 WIB 0 Views Last Updated 2020-02-28T10:29:15Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Ratusan warga antusias mengikuti bakti sosial berupa pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian Rail Clinic, yang dilakukan oleh PT KAI Divre IV Tanjungkarang yang kedua kalinya diawal 2020 ini. Kegiatan tersebut diadakan di stasiun Gedung Ratu, Natar, Lampung Selatan, pada Kamis (27/02)

Umi, salah satu warga setempat mengaku sangat berterima kasih atas adanya kegiatan pengobatan gratis yang digelar KAI Divre IV Tanjung Karang di daerah tempat tinggalnya.
"Makasih KAI, saya bersyukur ada berobat gratis ini, sangat membantu kami, terutama warga yang membutuhkan" ujarnya saat ditemui usai berobat.

Sementara itu, Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Edy Setiawan, melalui Manager Kesehatan PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Wendi mengatakan, dari 250 undangan peserta pengobatan gratis, terdata ada sebanyak 325 warga yang menjadi pasien. Meski jumlah tersebut melebihi undangan, namun tetap dilayani.

Penyelenggaraan bakti sosial kesehatan ini melibatkan 18 personil tenaga medis yang terdiri dari dua dokter umum, satu dokter gigi, satu tenaga bidan, dua ahli mata/optik, satu tenaga laboratorium, serta 11 perawat umum dan apoteker yang akan melakukan layanan meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. 

Bisa dibilang ini adalah layanan klinik kesehatan berjalan dengan fasilitas di atas puskesmas. Bakti sosial ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga pinggir rel.

"Ini merupakan salah kegiatan bentuk CSR PT KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggiran rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silahturahmi," ujarnya.

Wendi menambahkan, pengobatan gratis di Stasiun Tarahan adalah kegiatan yang pertama kali dari 14 kali yang telah diprogramkan selama tahun 2020, dengan mengundang sebanyak 250 warga sekitar setiap kali kegiatan.

Salah satu tujuan adanya bakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut selain untuk menyehatkan masyarakat juga sekaligus untuk mensosialisasikan bahayanya masyarakat apabila beraktifitas di sekitar rel.

Peran serta Kereta Api dalam menjaga infrastruktur tidak lepas dari masyarakat. Kita tumbuh atas dukungan masyarakat, sehingga diharapakan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. Seperti menjaga rambu-rambu, kabel dan perangkat pendukung geraknya kereta api.

"Kami menghimbau masyarakat pinggiran rel untuk bekerjasama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir masyarakat pinggiran rel untuk tidak membuang sampah di jalur rel atau di selokan pinggir rel karena bisa menyebabkan banjir, sehingga bisa berpotensi terjadi gangguan yang membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat"tutupnya.

Perlu diketahui, setelah melaksanakan pengobatan kesehatan di Stasiun Tarahan, Rabu (26/02). Pada hari ini Kamis (27/02) Management Divre IV Tanjungkarang lanjut menyelenggarakan Bakti Sosial menggunakan rangkaian Rail Clinic di Stasiun Gedungratu. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Manager Kesehatan mewakili EVP Divre IV, turut hadir pula Camat Natar Eko Irawan, Kades Pemanggilan Hasbi, Danramil Natar Kapten Inf Yudhi Ardi, Kepsek SDS Tri Sukses Ali Widodo. 

Selain pengobatan gratis juga diberikan bantuan berupa kacamata, tas sekolah kepada 30 (tiga puluh) Siswa-siswi SDS dan sebanyak 325 warga yang telah antusias melakukan pengobatan kesehatan.(Tik/Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Yang digelar di Stasiun Gedung Ratu Natar

Trending Now

Iklan

iklan