Bupati Dewi Handajani Lepas Bantuan Bahan Pokok Tahap III di Tanggamus

Bupati Dewi Handajani Lepas Bantuan Bahan Pokok Tahap III di Tanggamus

Talang Padang - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, kembali melepas secara simbolis kendaraan yang membawa Bantuan Bahan Pokok Tahap III  bagi warga lanjut usia dan disabilitas, pada 7 (tujuh) Kecamatan Kabupaten Tanggamus, di halaman Kantor Camat Talang Padang, Selasa (12/05/20).

Pelepasan bantuan sembako tersebut merupakan tahap terakhir yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus, setelah dua tahap sebelumnya.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, dampak covid 19 ini sangat terasa sekali, terutama bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus, yang berjumlah 87.211 keluarga sebagaimana Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berada pada posisi pra sejahtera.

Namun, kata Bupati, patut disyukuri dengan berbagai macam sumber bantuan yang telah disalurkan ke masyarakat, baik itu dari PKH, BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) sudah bisa dirasakan masyarakat.

"Alhamdulillah BPNT dalam pandemi ini telah memperluas jumlah sasaran. Untuk Kabupaten Tanggamus ditambah 18.671 yang pelaksanaannya telah mulai dilaksanakan sejak kemarin dan juga bantuan tunai untuk Kabupaten Tanggamus telah mencapai sasaran yang telah terverifikasi di Pusdatin Kemensos. Hari ini sudah mencapai 33.003 data usulan dari kuota 34.721. Selanjutnya akan di cleaning di Dirjen PFM (Penanganan Fakir Miskin) Kemensos RI."

"Dan ini masih kita kejar mudah-mudahan akan kita penuhi untuk mencapai kuota 34.721, demi masyarakat kita yang membutuhkan," kata Bupati.

Bupati melanjutkan, selanjutnya terdapat juga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa yang merupakan kerja sama dari seluruh jajaran Kepala Pekon, yang telah menyisihkan dana desa dengan kisaran 30 persen, dan dianggarkan untuk menyalurkan bantuan BLT Dana Desa.

Bupati berharap dengan berbagai macam sumber bantuan yang ada akan dapat meringankan beban masyarakat. 

"Walaupun diketahui tidak akan menyelesaikan permasalahan yang dirasakan masyarakat. Namun inilah batas batas upaya yang dilakukan dan kedepan," ujarnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik dari jajaran Pemda Tanggamus, Forkopimda, Legislatif, Kecamatan, Aparat Pekon atas upaya yang telah dilakukan.

Beliau juga berharap agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk disiplin melaksanakannya, sehingga pandemi Covid 19 ini dapat segera berakhir. 

Sebelumnya dalam laporan Kepala Dinas Sosial Zulfadli menyampaikan ketujuh kecamatan yang akan menerima bantuan Tahap III ini, adalah Kecamatan Talang Padang, Kecamatan Pugung, Kecamatan Bulok, Kecamatan Limau, Kecamatan
Cukuh Balak, Kecamatan Kelumbayan dan Kecamatan Kelumbayan Barat.

Dengan total penerima bantuan 9.282 orang, yang terdiri dari 8.129 Lansia dan 1.153 Penyadang Disabilitas, pada 102 Pekon.

"Jenis bantuan berupa beras sebanyak 92,82 Ton, dan mie instan sebanyak 92.820 bungkus," terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan dan beberapa anggota DPRD, Kapolres AKBP Hesmu Baroto, Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, serta sejumlah Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Tanggamus.

Usai melepas bantuan, Wakil Bupati serta Forkopimda menyempatkan diri ke Pasar Talang Padang untuk mensosialisasikan protokoler kesehatan dan membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar setempat. (Kurdianto/Saripudin/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Dewi Handajani Lepas Bantuan Bahan Pokok Tahap III di Tanggamus"

Posting Komentar